Apple Day, Kembalikan Kejayaan Apel dan Dorong Pelaku Usaha Mengolah Kreativitas

  • 20-11-2019 / 16:15 WIB
  • Kategori:Batu
Apple Day, Kembalikan Kejayaan Apel dan Dorong Pelaku Usaha Mengolah Kreativitas OLAHAN: Berbagai produk olahan hasil kreatifitas KWT Kota Batu seperti pay apel ramaikan gelar potensi unggulan pertanian Apple Day di Balai Kota Among Tani Batu, siang ini.

Malangpostonline.comBATU - Beragam potensi unggulan dipamerkan dalam festival Apple Day dan Pameran UMKM di Parkir Timur Balai Kota Among Tani Batu mulai Rabu (20/11) siang ini. Pemeran yang digelar mulai 20-23 November 2019 terseut bertujuan untuk meningkatkan mutu dan produksi apel dan UMKM se Kota Batu.

Dalam pameran yang digelar selama empat hari tersebut ada 24 stand yang terdiri dari perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) desa/kelurahan se Kota Batu. Produk unggulan yang dipamerkan meliputi buah, sayuran, olahan pangan, dan tanaman hias.

Selain itu lomba pengolahan produk berbahan dasar apel berupa pay apel, lomba mewarna, lomba memgupas apel hingga lomba makan apel. Dengan pelaksanaan secara bergantian selama empat hari. 

Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata Pemkot Batu untuk memberikan fasilitas bagi pelaku pertanian untuk memaerkan produk unggulan dan potensi yang dimiliki masing-masing desa/kelurahan. 

"Ini merupakan salah satu inisitif dari Dinas Pertanian untuk memasarkan produk apel sebagai ikon Kota Batu di masyarakat. Aplle Day ini tak hanya sekedar memamerkan, tapi juga bagaimana pelaku pertamian mampu mengemas hasil olaham berbahan dasar apel," ujar Punjul kepada Malangpostonline.com siang ini.

Lebih lanjut, kegaitan ini diharapnya mampu mnginspirasi petani Kota Batu untuk mengolah produknya agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Beberapa diantaranya dengan berbagai lomba yang digelar.

"Kami harapkan melalui kegiatan, para petani tak hanya menjadi konvensional. Tapi menjadi petani berdasi seperti yang diharapkan oleh bu Wali," bebernya.

Begitu juga dengan bazar dan pameran UMKM yang diikuti sekitar 50 stand menyediakan berbagai sembako dibawah harga pasar. Selain sembako juga beragam produk hasil kerajinan pelaku UMKM di Kota Batu.

"Khusus penyediaan sembako murah ini ditujukan bagi masyarakat. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah" tegasnya. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : irawan
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU