Wawali Tegur ASN Hanya Setor Muka

  • 20-11-2019 / 17:12 WIB
  • Kategori:Batu
Wawali Tegur ASN Hanya Setor Muka Ilustrasi : ASN menjadi contoh dan memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat. 

Malangpostonline.com, BATU - Sekitar 50 Aparatur Sipil Negera (ASN) Pemkot Batu mendapat teguran dari Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M Rabu (20/11) pagi tadi. Teguran itu dilakukan setelah orang nomor dua di Kota Batu sidak langsung ke beberapa kantor dinas yang ada di Balai Kota Among Tani Batu. 

Sidak yang dilakukan oleh Punjul tersebut karena ada informasi laporan dari masyarakat. Sehingga sejak pagi sebelum membuka kegiatan di Balai Kota Among Tani Batu, ia sengaja menunggu di salah satu pintu masuk ke Balai Kota. 

Hasilnya, diungkap Ketua DPC PDIP Kota Batu saat sidak mendapati banyak ASN yang datang ke kantor absen kemudian pulang atau meninggalkan kantor begitu saja dengan berbagai alasan. Hal itu membuatnya geram untuk segera melaporkan ke Sekda dan BKPSDM Kota Batu memberikan Surat Edaran atau peringatan. 

"Banyak ASN yang ke kantor terus pulang. Tadi saya buktikan sendiri dengan menunggu di pintu keluar dan saat saya tanyai kenapa pulang, mereka beralasan mengantar anak ke sekolah, mengantarkan orang tua ke rumah sakit, ke bank dan berbagai alasan," ujar Punjul kepada Malangpostonline.com Rabu (20/11) siang. 

Dengan banyaknya ASN yang absen dan setor muka terus pulang tersebut, pihaknya langsung memerintahkan ke Sekda dan BKSDM membuat Surat Edaran (SE) agar ASN yang akan keluar di jam tugas atau jam kantor harus ijin ke Kepala Dinas atau Kabid. Aturan itu, ditegaskan Punjul akan diberlakukan mulai besok.

"Tidak bisa ASN serta merta absen kemudian pulang untuk cuci-cuci atau masak dan siang balik lagi tidak bisa semacam itu. Mulai besok kita berlakukan dan saat keluar harus ada ijin dari atasan. Kecuali tigas kantor," tegas Punjul.

Diungkap Punjul banyak ASN yang absen dengan hanya menggunakan sandal dan celana jeans. Bahkan ada yang melihatnya saat sidak langsung sembunyi dan menunggu Ketua PSSI Kota Batu ini pergi. 

"Untuk beberapa ASN yang absen kemudian pulang diantaranya dari Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata dan Dinas Perizinan. Sengaja memang tidak saya tulis dan catat namanya karena ini sebagai peringatan awal atau shock terapi," paparnya.

Lebih lanjut, Pujul menegaskan sesuai dengan regulasi bagi para ASN yang hanya absen saja kemudian pulang Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) tidak akan keluar. Pasalnya sebagai ASN yang dibayar oleh negara harus memberikan pelayanan dan menjadi contoh baik ke masyarakat. (eri/Malangpostonline.com )

Editor : eri
Uploader : irawan
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU