Permudah Pembayaran PBB, BKD Buka Layanan di Desa/Kelurahan

  • 20-11-2019 / 22:28 WIB
  • Kategori:Batu
Permudah Pembayaran PBB, BKD Buka Layanan di Desa/Kelurahan JEMPUT BOLA: Petugas BKD dan Bank Jatim memberikan layanan pembayaran PBB di Kelurahan Sisir Kecamatan Batu, kemarin.

Malangpostonline.com, BATU – Badan Keuangan Daerah (BKD) terus melakukan jemput bola pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga akhir tahun 2019 ini. Jemput bola ini mampu meningkatkan nilai pembayaran wajib pajak hingga BKD mampu menenuhi target PAD dari sektor ini. Itu karena warga Kota Batu banyak diberikan kemudahan dengan pembayaran di Kantor Desa/Kelurahan.  

Data dari BKD hingga 11 November lalu, pembayaran dengan target Rp 19,7 miliar tercapai Rp 21,3 miliar atau 108,32 persen untuk pembayaran setelah jatuh tempo. Jemput bola dilakukan dengan pembukaan layanan ke 24 desa dan kelurahan yang dilakukan secara bergantian.

Kepala BKD Kota Batu, Eddy Murtono S.H MH menjelaskan, program jemput bola menjadikan pendapatan dari sektor PBB melebihi target. Pembukaan pelayanan ke kantor-kantor desa/kelurahan memudahkan WP melakukan pembayaran.

"Pelayanan pembayaran keliling ke desa dan kelurahan ini mampu menarik minat warga. Kami selalu bekerja sama dengan bank Jatim dalam layanan ini dan pembayaran langsung masuk rekening. Melalui program ini, warga tak perlu jauh-jauh pergi ke Bank Jatim," ujar Eddy kepada Malangpostonline.com, Rabu (20/11) kemarin.

Ia mencontohkan, WP di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji mayoritas petani tak sempat bayar pajak karena harus ke ladang. Jika mereka harus ke Bank Jatim di pusat kota butuh waktu sekitar 30 menit dan mengeluarkan uang lebih transportasi.

"Bahkan WP bisa mengeluarkan biaya lebih untuk transportasi dibanding nilai PBB. Karena itu solusi jemput bola benar-benar dimaksimalkan warga," bebernya.

Untuk jemput bola, BKD membagi tiap kecamatan mulai Batu, Junrejo, dan Bumiaji. Untuk Kecamatan Batu,  26 November di Kelurahan Ngaglik, 27 November Pesanggrahan, 3 Desember Kelurahan Songgokerto, 4 Desember Desa Sumberjo dan 10 Desember Desa Sidomulyo. Beberapa desa/kelurahan di Kecamatan Junrejo dan Bumiaji mendapat pelayanan pada Desember. (eri/feb/Malangpostonline.com)

Editor : feb
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU