Jalankan Keterbukaan Informasi Publik, Pemkot Batu Raih Badan Publik Favorit

  • 29-11-2019 / 12:37 WIB
  • Kategori:Batu
Jalankan Keterbukaan Informasi Publik, Pemkot Batu Raih Badan Publik Favorit TERIMA: Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M menerima penghargaan sebagai badan publik favorit se Jawa Timur dari Ketua KPID Provinsi Jawa Timur, Afif Ammurullah kemarin.

Malangpostonline.com, BATU - Pemerintah Kota Batu menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik Jawa Timur Tahun 2019 Kamis (28/11) malam. Penghargaan diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Timur di Novotel Samator East Surabaya Hotel Raya, Kota Surabaya, Kamis (28/11) malam. 

Pada kesempatan itu, Pemkot Batu berhasil maraih penghargaan sebagai badan publik favorit se Jawa Timur dari KPID Provinsi Jawa Timur. Penghargaan itu diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M dari Ketua KPID Provinsi Jawa Timur, Afif Ammurullah.

Usai menerima penghargaan itu, Punjul menyampaikan pengharagaan yang didapat karena OPD di Pemkot Batu telah memberikan akses keterbukaan informasi publik dalam segala hal. Artinya Pemkot Batu telah menjalankan UU keterbukaan informasi publik.

"Mudah mudahan dengan adanya penghargaan ini Pemkot Batu kedepan lebih memberikan keterbukaan informasi publik kepada seluruh masyarakatnya. Begitu juga dengan media massa dalam segala hal," ujar Punjul kepada Malangpostonline.com, Jumat (29/11) siang.

ia menjelaskan lebih lanjut, dengan keterbukaan informasi publik masyarakat ikut berperan serta untuk mengawasi setiap program kegiatan di masing-masing OPD. Sehingga OPD atau Pemkot Batu menjalankan setiap program dengan amanah dan maksimal.

"Keterbukaan informas publik ini juga bagian dari pengawasan msyarakat. Karena itu kami terus mendorong agar OPD agr keterbukaan informasi kepada publik terus dilakukan untum menciptakan Pemerintahan yang bersih dan transparan," tegasnya. 

Sementara itu, Ketua KPID Provinsi Jawa Timur, Afif Ammurullah dalam laporannya mengatakan, bahwa anugerah ini merupakan bagian dari upaya yang dilakukan pihaknya dalam rangka mendukung agar publik turut melihat dan mengevaluasi tentang kepatuhan dari badan publik. Selain itu untuk mengimplementasikan UU keterbukaan informasi publik yang sudah dilakukan sejak 2010.

"Oleh karena itu kegiatan ini dijadikan sebagai tolak ukur oleh KPID Jatim dalam rangka untuk melihat sejauh mana badan publik di Provinsi Jatim betul-betul bisa melaksanakan keterbukaan informasi publik kepada badan publiknya," paparnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, kegiatan ini bukan semata mata untuk mendapatkan penghargaan dari KPID. Namun ia menginginkan dengan adaya pengahragaan ini, menjadi pemicu dan motivasi dalam menjalankan keterbukaan  informasi publik pada badan publik masing-masing. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : irawan
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU