Tatap Porkot dan Porprov, KONI Kota Batu Tingkatkan SDM Pengurus Cabor

  • 01-12-2019 / 18:24 WIB
  • Kategori:Batu
Tatap Porkot dan Porprov, KONI Kota Batu Tingkatkan SDM Pengurus Cabor MATERI: Pengurus Cabor KONI Kota Batu tengah mengikuti kegiatan Peningkatan SDM di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah kemarin.

Malangpostonline.com, BATU - Pekan Olahraga Tingkat Kota (Porkot) bakal digelar tahun 2020 di Kota Batu. Porkot bakal menjadi sarana Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu dalam menggalang atlet potensial asli daerah untuk dipersiapkan dalam Porprov 2021.

Karena itu, dalam persiapannya KONI Kota Batu menggelar Peningkatan Sumberdaya Manusia (SDM) bagi 28 Cabang Olahraga (Cabor) dan Pengurus KONI Kota Batu. Dalam pelaksanaanya digelar di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah selama dua hari 31 November hingga 1 Desember 2019.

Ketua Umum KONI Kota Batu, Drs. Mahfud mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti seluruh pengurus cabang olahraga (Cabor) bertujuan mengubah pola pemikiran lama dalam hal pengelolaan organisasi. Sehingga mampu meningkatkan prestasi atlet Kota Batu.

"Kalau tidak mau berubah mindset lama dalam mengelola organisasi prestasi KONI Kota Batu akan disalip dengan daerah lain. Karena itu, dalam kegiatan yang telah berlangsung kami meminta agar pengurus Cabor mengubah pola manajemen organisasi," ujar Mahfud kepada Malang Post.

Selain merubah mindset, ia juga meminta agar pengurus cabor melakukan dua hal. Pertama meningkatkan kekompakan diinternal cabang olahraga dan meningkatkan kekompakan dengan KONI.

"Kemudian yang kedua jangan menerapkan konsep one man show. Karena semua kinerja harus dilakukan dengan cara kerja sama," beber mantan pengurus FASI Kota Batu.

Ia mencontohkan, misalnya dalam perkembangan Cabor Paralayang di Kota Batu dalam Porprov di Banyuwangi, cabang olahraga ini berhasil meraih umum. Namun saat Porprov selanjutnya di Tuban, Paralayang menyumbang beberapa medali dan gagal meraih juara umum.

“Artinya prestasi selalu bergulir dan berproses. Karena itu mari kita berproses bersama dengan menjaga kekompakan," bebernya.

Serta, ditambahkan Mahfud, ada satu hal lagi yang harus dilakukan oleh pengurus cabor agar peningkatan prestasi diraih oleh KONI Kota Batu. Yakni semua Cabor harus semakin tertib organisasi dengan dimulai dari penyusunan program tahunan dan tertib mempertanggungjawabkan anggaran. 

Selain itu, pihaknya akan melakukan diseminasi olahraga prestasi untuk penguatan pendidikan karakter kepada seluruh Kepala Sekolah yang ada di Kota Batu. Dengan memperkenalkan cabang olahraga di Kota Batu kepada sekolah-sekolah.

Sementara itu Dewan Kehormatan KONI Kota Batu, Didik Mahmud juga meminta agar pengurus Cabor setiap tahun harus membenahi manajemen organisasi. Pasalnya tuntutan pertanggungjawaban anggaran sangat ketat. 

“Yang penting dan harus ditegaskan adalah kebersamaan, kekompakan, dan harus satu persepsi. Jika tidak ada kesamaan itu pasti akan gegeran dan prestasi tidak akan diraih,” pungkasnya. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : irawan
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU