Tunu Kentang, Angkat Budaya Lokal Desa Kaki Langit

  • 06-12-2019 / 22:10 WIB
  • Kategori:Batu
Tunu Kentang, Angkat Budaya Lokal Desa Kaki Langit Tunu : Anak-anak Desa Sumberbrantas tengah tunu kentang dalam agenda tahunan festival Kaki Langit di Arboretum Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu malam ini.

Malangpostonline.comBATU - Kentang sudah menjadi identitas Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Namun tak banyak yang tahu tentang budaya warga desa kaki langit yang tetap terjaga dan lestari hingga saat ini. Yaitu budaya nunu kentang yang dikemas festival Sumberbrantas Desa Kaki Langit pada Jumat (6/12) malam ini. 

Tepat ketika kabut mulai turun dan matahari mulai terbenam udara dingin mulai menusuk tubuh. Festival yang digelar di kawasan Arboretum, Desa Sumber Brantas mulai dikerumuni warga untuk bersama-sama untuk nunu kentang.

Dijelaskan Kepala Desa Sumberbrantas Juadi bahwa nunu kentang atau bakar kentang merupakan budaya warga di Desa Sumber Brantas yang dilakukan setiap sore sambil minum kopi di dapur. Kegiatan itu dilakukan warga setiap sore setelah pulang dari bertani.

“Nunu kentang ini sudah berkembang sejak zaman nenek moyang di Desa Sumberbrantas. Kebiasaan itu tersebut menjadi budaya yang sampai saat ini terus dilakukan dan menjadi agenda rutin tuhunan Dinas Pariwisata yang nantinya menarik dan meningkatkan kunjungan wisatawan,” ujar Juadi dalam sambutannya malam ini.

Budaya nunu kentang ini digelar sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan yang sudah terbangun sejak nenek moyang. Selain juga mengangkat potensi yakni pertanian yang dipadukan dengan wisata atau agrowisata di Desa Sumberbrantas. 

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono menambahkan bahwa even tahunan yang digelar untuk mengangkat kebudayaan yang dimasyarakat Desa Sumberbrantas. Festival ini merupakan wujud dari visi misi Kota Batu 'Desa Berdaya Kota Berjaya'.

“Ini merupakan upaya Dinas Pariwisata Dinas Pariwiata untuk mengangkat dan melestarikan kebudayaan yang ada dimasyarakat Desa Sumberbrantas agar bisa diketahui secara luas. Kemudian nanti secara tak langsung berimbas pada peningkatan perekonomian bagi masyarakat dengan kunjungan wisatawan,” paparnya kepada Malangpostonline.com

Ia menambahkan, upaya untuk mengangkat potensi budaya, pertanian, sejarah, hingga produk kerajinan dan produk olahan makanan akan ditingkatkan setiap tahunnya di seluruh desa/kelurahan di Kota Batu. Tujuannya agar semuanya desa/kelurahan punya ciri khas budaya. 

Sebelum acara nunu kentang digelar berbagai potensi kesenian Desa Sumberbrantas juga ditampilkan untuk menghibur warga. Mulai dari tari sanduk dan reog hingga bancakan tumpeng. Sedangkan untuk hari kedua Sabtu (7/12) besok digelar jalan sehat bersama dan hiburan band lokal Kota Batu. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU