Bahas RKPDes, Camat Junrejo Ingatkan Tiga Desa Belum Selesaikan APBdes

  • 11-12-2019 / 18:45 WIB
  • Kategori:Batu
Bahas RKPDes, Camat Junrejo Ingatkan Tiga Desa Belum Selesaikan APBdes Buka : Camat Junrejo, Arief Rachman Ardyasana S.STP membuka RKPDes tahun 2020 di Aula Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo, Kota Batu Rabu (11/12) siang.

Malangpostonline.com, BATU - Kecamatan Junrejo menggelar penyampaian Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2020 di Aula Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo, Kota Batu Rabu (11/12). Dalam agenda tersebut ada tiga desa yang belum menyelesaikan perencanaan APBDes. Padahal bulan ini sudah harus dilakukan pengesahan.

Hal itu disampaikan oleh Camat Junrejo, Arief Rachman Ardyasana S.STP bahwa tiga desa di Kecamatan Junrejo hingga bulan Desember 2019 belum selesaikan RKPDes. Tiga desa tersebut diantaranya Desa Junrejo, Desa Beji dan Desa Torongrejo.

"Tiga desa terswbut belum menyelesaikan APBDes karena kemarin usai menggelar Pilkades dan baru dilantik pada 5 Desember. Karena itu kami himbau agar Kepala Desa segera menyelesaikan secepatnya," ujar Arief kepada Malangpostonline.com Rabu (11/12) siang.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan memberikan sanksi tegas dengan tidak akan memberikan penghasilan tetap (Siltap) bagi Kades dan perangkatnya. Hal itu merupakan langkah tegas Kecamatan Bumiaji bagi tiga desa yang belum menyelesaikan APBDes itu.

"Ini langkah tegas. Tidak ada alasan Kades baru atau baru saja menggelar Pilkades. Karena sebelumnya APBDes sudah dikerjakan oleh Kades lama. Tinggal melanjutkan saja," tegas Arief.

Lebih lanjut dalam RKPDes yang digelar dan diikuti oleh tujuh desa di Kecamatan Junrejo akan mempiroritaskan pembangunan fisik. Diantaranya pelebaran jalan alternatif, paving, dan saluran irigasi.

Selain itu, terkait pembangunan SMPN 7 di Junrejo dengan alasan banyak warga yang memyekolahkan anaknya di luar Kota Batu, keluhan masyarakat terkait bau sampah TPA Tlekung, dan konservasi lingkungan hidup dengan program tandur banyu.

Serta pemanfaatan TKD eks pasar Junrejo yang akan dibangun Museum Air dan embung bekerja sama dengan Prumdam Among Tirto. Kemudian pembangunan taman kota dan kantor Desa Junrejo. Semuanya akan ditempatkan di lahan seluas 3 hektar. (eri/Malangpostonline.com)

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU