12 Titik Jaringan Transmisi Perumdam Bocor

  • 05-01-2020 / 16:38 WIB
  • Kategori:Batu
12 Titik Jaringan Transmisi Perumdam Bocor Berlubang : Saluran air pada jaringan Perumdam Among Tirto di Jalan Bukit Berbunga bocor mengakibatkan jalan berlubang yang membahayakan pengendara diberi tanda.

Malangpostonline.com, BATU - Sebanyak 12 titik Jaringan Trasmisi Perumdam Among Tirto Kota Batu mengalami kebocoran. Kebocoran jaringan transmisi tersebut banyak terjadi mulai dari jaringan di sepanjang Hotel Purnama hingga Bukit Berbunga yang bersumber dari Banyuning, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Salah satunya dan menjadi langganan kebocoran pipa transmisi berada di Jalan Bukit Berbunga tapat di depan Hotel Batusuki. Meski kebocoran tak membuat terganggunga distribusi air ke warga.

Namun kebocoran tersebut membuat jalan yang terlewati pipa transmisi berlubang. Serta jalan berlubang tersebut membahayakan pengendara. Sehingga membuat warga tergerak untuk membetikan plang atau tanda di jalan berlubang tersebut.

Direktur Perumda Among Tirto Kota Batu, Edi Sunaedi ST M.Ap mengatakan dari hasil monitoring dan evaluasi ada 12 titik yang mengalami kebocoran. Banyak dari kebocoran terjadi di sepanjang jalan di Hotel Purnama hingga Jalan Bulkit Berbunga.

"Memang ada 12 titik yang bocor. Tapi tak mengganggu distribusi air ke pelanggan. Titik yang bocor telah kita data dan akan dilakukan perbaikian. Kami harap bulan ini segera ditangani," ujar Sunaedi kepada Malangpostonline.com Minggu (5/1) siang.

Ia menerangkan, untuk pipa transmisi yang bocor merupakan peninggalan Belanda. Pipa tersebut adalah Asbestos Cement Pipe (ACP) atau yang biasa disebut dengan pipa asbes.

Menurutnya untuk pipa Asbes ini sudah tidak lagi diproduksi oleh pabrikan. Sehingga untuk menggantinya harus dilakukan secara keseluruhan.

"Rencananya kami akan melakukan perbaikan jaringan dengan menggunakan pipa High Density Poly Ethylene (HDPE). Karena pipa tersebut anti karat," bebernya.

Namun diungkap Sokek, sapaan akrabnya jika dalam bulan ini tak bisa dilakukan perbaikan total. Hanya perbaikan pada titik pipa transmisi yang bocor. (eri)

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU