Rest Area Jalibar dan Amke Prioritas Desa Oro-Oro Ombo

  • 06-01-2020 / 17:46 WIB
  • Kategori:Batu
Rest Area Jalibar dan Amke Prioritas Desa Oro-Oro Ombo Edukasi : AMKE menjadi destinasi wisata edukasi yang ramah lingkungan dengan lokasi yang bersebalahan dengan Rest Area Jalibar, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan/Kota Batu.

Malangpostonline.com - Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan/Kota Batu terus mengembangkan potensi yang ada di desanya. Pada tahun ini PR sekaligus target Pemerintah Desa Oro-Oro Ombo adalah menyelesaikan Rest Area Jalibar (Jalur Lintas Barat).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa Oro-Oro Ombo, Wiweko bahwa tahun ini Pemerintah Desa menargetkan dan memprioritaskan penyelesaian Rest Area Jalibar. Mengingat pembangunan rest area tersebut sudah mencapai 90 persen.

"Tahun ini kami selesaikan pembangnan multi years selama tiga tahun ini. Yakni Rest Area Jalibar yang menghabiskan anggaran Rp 2 miliar," ujar Wiwiko kepada Malangpostonline.com Senin (6/1) siang.

Ia menerangkan, pembangunan sudah dilakukan sejak tahun 2018-2020. Dalam prosesnya tinggal menyelesaikan pembangunan tiga stand dari 40 stand yang ada. Serta sisanya adalah pengerjaan taman bermain dan penerangan atau lampu.

Dengan adanya rest area, ia berhrap para pedagang yang berjualan di sepanjang Jalibar bisa ditertibkan. Kemudian seluruh pedagang menempati stand yang ada di rest area.

"Dengan begitu jalan disepanjang Jalibar akan terlihat bersih, tertib, dan nyaman bagi wisatawan," imbuh Ketua Apel Kota Batu ini.

Selain rest area, Pemdes Oro-Oro Ombo melalui Bundes juga bekerja sama dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Panderman dalam mengelola Tanah Khas Desa (TKD) yang berada tepat di samping rest area. Yakni menjadikan wisata edukasi yang ramah lingkungan melalui Area Model Konservasi Edukasi (AMKE).

Ia mengungkapkan dengan adanya AMKE, mayoritas masyarakat KTH yang dulu penyewa lahan bisa digarap maksimal dengan cara bagi hasil. Paling tidak dengan adanya AMKEx menurut Wiweko mampu menyerap tenaga kerja dan menambah peningkatan penghasilan pada KTH Panderman.

"Dengan adanaya Rest Area Jalibar, AMKE, dan juga wisata yang ada disekitarnya sepeti Taman Hutan Pinus, De Kleine, dan juga Peternakan Kuda Mega Star bisa menjadi alternatif atau mungkin pusat keramaian baru bagi wisatawan menghabiskan liburnya di Kota Wisata Batu," bebernya. (eri)

Editor : eri
Uploader : rois
Penulis : eri
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU