Parkir Makan Badan Jalan Sebabkan Kemacetan, DPRD Dorong Parkir Vertikal

  • 12-01-2020 / 16:40 WIB
  • Kategori:Batu
Parkir Makan Badan Jalan Sebabkan Kemacetan, DPRD Dorong Parkir Vertikal Anggota Komisi C DPRD Kota Batu, Sujono Djonet.

Malangpostonline.com, BATU - Semrawutnya parkir di tepi jalan Kota Batu menjadi sorotan perhatian serius dari anggota DPRD Kota Batu. Salah satunya adalah anggota komisi C DPRD Kota Batu, Sujono Djonet.

Menurut Djonet persoalan parkir di tepi jalan melekat dengan persoalan wajah kota atau Kota Batu secara menyeluruh. Selain itu persoalan parkir juga menjadi masalah kemacetan di Kota Batu.

"Bernicara masalah parkir sangat kompleks. Mulai dari ketertiban, kemacetan, perekonomian juru parkir/jukir, hingga pendapatan asli daerah (PAD)," ujar Djonet kepada Malangpostonline.com Minggu (12/1) kemarin.

Karena itu, diungkap politisi Partai Nasdem ini perlu adanya dievaluasi terkait secara menyeluruh. Salah satunya dengan revisi Perda Parkir yang baru saja didok oleh DPRD Kota Batu.

"Makannya dewan kemarin buat revisi Perda Parkir. Tujuannya untuk mendorong ketertiban dan penataan parkit di tepi jalan agar Kota Batu tidak macet. Selain juga untuk meningkatkan PAD retribusi parkir di tepi jalan selalu jauh dari target," terangnya.

Ia menerangkan, persoalan macet di Kota Batu adalah banyaknya lahan parkir yang memakan badan jalan. Sehingga perlu adanya solusi seperti seperti parkir khusus atau pengelolaan parkir model lain.

"Salah satu solusi yang bisa kami dorong adalah parkir vertikal yang bisa ditempatkan di aset-aset milik pemerintah. Parkir vertikal ini nantinya akan menjadi kantong parkir. Sehingga kendaraan pengunjung tak diparkir di tepi jalan dan memakan badan jalan," terangnya.

Parkir vertikal ini, lanjut Djonet, bisa diwujudkan ketika permasalahan parkir di tepi jalan tak memiliki jalan keluarnya. Dengan begitu beban jalan umum tidak akan dibebani parkir kendaraan dan kemacetan bisa teratasi.

Apalagi, lanjut Djonet secara umum jalan-jalan utama di Kota Batu, khususnya di pusat-pusat keramaian seperti Alun-Alun Kota Batu, Jalan Diponegoro, Jalan Gajah Mada, Jalan Kartini, dan Jalan Sudiro selalu mengalami macet karena kendaraan yang parkir memakan badan jalan. (eri)

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU