Banyak Industri Wisata Kota Batu Minim CSR, Dewan Bakal Garap Ranperda CSR

  • 17-01-2020 / 19:16 WIB
  • Kategori:Batu
Banyak Industri Wisata Kota Batu Minim CSR, Dewan Bakal Garap Ranperda CSR Ketua Komisi C Kota Batu, Khamim Tohari

Malangpostonline.comBATU - Banyaknya industri wisata dan perhotelan yang berdiri dan berkembang pesat di Kota Batu tak dibarengi dengan adanya Corporate Social Responsibility (CSR). Itu terlihat dari minimnya CSR oleh industri atau perusahaan yang ada di Kota Batu untuk ikut andil membangun Kota Batu.

Terbukti pada tahun 2019 hanya ada beberapa CSR yang diterima Pemkot Batu. Hal itu sangat disayangkan oleh Katua Komisi C DPRD Kota Batu, Khamim Tohari. Oleh karena itu anggota DPRD pada tahun ini memasukkan Ranperda tanggung jawab sosial lingkungan atau CSR dari 27 Propemperda.

"Tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan adalah sebuah kewajiban bagi perusahaan-perusahaan yang memgembangkan usaha di suatu daerah. Tak terkecuali di Kota Batu yang banyak tumbuh industri wisata hingga perhotelan," ujar Khamim kepada Malangposttonline.com Jumat (17/1) sore.

Namun ia sangat menyayangkan dengan banyaknya industri wisata dan perhotelan yang tumbuh pesat di Kota Batu tidak diimbangi dengan adanya tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan atau CSR. Karena itulah pada tahun ini DPRD Kota Batu mengusulkan Ranperda CSR.

"Ranperda CSR ini nantinya diharapkan agar perusahaan atau industri yang tumbuh pesat di Kota Batu juga memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat Kota Batu. Sehingga tak hanya mencari keuntungan saja. Tapi harus ikut membangun Kota Batu," terangnya.

Politisi PDIP ini mencotohkan jika selama ini masih sedikit inustri atau perusahaan yang menjalankan tanggung jawab sosial lingkungannya. Setidaknya dengan adanya Perda CSR perusahaan-perusahaan yang ada bisa berkontribusi membangun Kota Batu melalui CSR.

"Selama ini masih beberapa saja. Misal ada Bank Jatim yang sering saya tahu," pungkasnya (eri).

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU