Tahun Ini Banggar Plot 100 RLTH

  • 31-01-2020 / 16:36 WIB
  • Kategori:Batu
Tahun Ini Banggar Plot 100 RLTH Serahkan : Perwakilan warga memberikan kunci kepada Bu Supiah (63) setelah rumahnya dibedah di Kelurahan Sisir, Kec/Kota Batu sore ini.

Malangpostonline.com, BATU - Pengentasan angka kemiskinan terus dilakukan oleh Pemkot Batu. Salah satunya melalui Dinas Sosial yang disetujui anggarannya oleh Banggar DPRD Kota Batu melalui bedah rumah sekitar Rp 3,5 miliar untuk 100 rumah tidak layak huni (RTLH) bagi warga tak mampu.

Hal itu diungkapkan oleh Anggota DPRD Kota Batu, H. M. Didik Subianto bahwa tahun ini anggota legislatif Kota Batu menyetujui anggaran untuk bedah rumah sejumlah 100 RLTH. Yang sebelumnya plot untuk bedah rumah dianggarkan hanya 50 RLTH.

"Tahun ini Banggar menaikkan plot bedah rumah untuk 100 RLTH. Jumlah itu kami naikkan dua kali karena melihat program RLTH sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Khususnya bagi masyarakat pra sejahtera," ujar Bianto kepada Malangpostonline.com usai penyerahan bedah rumah di Kelurahan Sisir, Kec/Kota Batu kemarin.

Ia menerangkan lebih lanjut, untuk program bedah rumah satu rumah akan mendapat anggaran maksimal Rp 35 juta rupiah. Tergantung dengan dengan kondisi rumah yang akan dibedah.

Politisi partai PKB ini menambahkan program bedah rumah ini tak akan berjalan maksimal dan tidak bisa dilakukan oleh pihak pemerintah dan legislatif. Artinya juga butuh bantuan dari masyarakat yang telah sejahtera untuk membantu meringankan bebas masyarakat pra sejahtera.

"Untuk program bedah rumah tak akan berjalan maksimal tanpa bantuan masyarakat. Misalnya untuk bedah rumah di Kelurahan Sisir milik ibu Supiah yang masuk APBD 2019 ini hanya mendapat bantuan Rp 30 juta. Sedangkan untuk total anggaran mencapai Rp 36 juta," bebernya.

Ini lanjut dia, perlu adanya bantuan warga sekitar secara swadaya dan swakelola. Baik bantuan secara fisik maupun materil. Sehingga program bedah rumah berjalan maksimal. (eri)

Editor : eri
Uploader : rois
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU