Jadi Langganan Banjir, Sungai Sisir Akan di Box Culvert

  • 04-02-2020 / 10:57 WIB
  • Kategori:Batu
Jadi Langganan Banjir, Sungai Sisir Akan di Box Culvert Sidak: Eksekutif dan legislatif Kota Batu sidak areal banjir di Sungai Sisir Jalan Semeru, Kel. Sisir, Kec/Kota Batu pagi ini.

Malangpostonline.com, BATU - Banjir di Jalan Semeru, Kelurahan Sisir, Kecamatan/Kota Batu yang mengakibatkan delapan rumah terendam pada Senin (3/2) kemarin mendapat tanggapan dari eksekutif dan legislatif Kota Batu. Mereka bersinergi langsung melakukan sidak ke lokasi banjir pada Selasa (4/2) pagi ini.

Hasilnya setelah dilakukan sidak, Pemkot melalui DPUPR langsung melakukan action. Yaitu dengan langsung mendatangkan alat berat untuk pembongkaran jembatan Sungai Sisir yang memiliki diameter sekitar 2 meter. Sehingga setiap kali hujan deras turun banjir tak terhindarkan.

Hal itu ditegaskan langsung oleh Kepala DPUPR Kota Batu, Ir. Himpun. Ia mengatakan bahwa banjir yang terjadi dikarenakan pembangunan Kota Batu yang semakin pesat.

"Dari awal ketika banjir pertama terjadi terjadi kami telah turun lapangan untuk mencari tahu permasalahan banjir. Di Sungai Sisir banjir terjadi karena pembangunan yang pesat," ujar Himpun dalam paparannya.

Dengan pembangunan pesat tersebut, diartikannya sungai dan drainase yang ada di area Sisir tak bisa menampung air setiap kali hujan dan terjadi banjir. Sehingga perlu dilakukan beberapa perbaikan dari hasil kajian.

"Dari hasil kajian, rekomendasi yang akan dilakukan pertama adalah membongkar jembatan di empat titik Sungai Sisir. Hari ini kami akan langsung mendatangkan alat berat," tegasnya.

Kemudian, rekomendasi lainnya akan dilakukan pemecahan air dari atas yang meliputi buangan air dari Alun-Alun Kota Batu dan Pasar Laron. Kemudian melebarkan sungai dengan dipasang box culvert.

"Pemasangan box culvert nanti juga akan melebarkan vokume sungai. Sehingga ini nanti akan berimbas dengan pelebarkan Jalan Semeru karena trotoar jalan akan dipindah di atas sungai yang diganti dengan box culvert," bebernya.

Dalam sidak tersebut juga diikuti oleh Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso, M.M, Anggota Komisi C DPRD Kota Batu, Sekda Kota Batu, Zadiem Effisiensi, Kepala DLH Arief As Siddiq, Camat Kota Batu, dan Lurah Sisir. (eri)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : eri
Uploader : rois
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU