Tingkatkan Fasilitas Pasar, Pemkot Naikkan Retribusi Pasar

  • 10-02-2020 / 21:05 WIB
  • Kategori:Batu
Tingkatkan Fasilitas Pasar, Pemkot Naikkan Retribusi Pasar Sampaikan : Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si sampaikan usulan tiga Raperda sore ini.

Malangpostonline.com, BATU - Peningkatan sarana dan prasarana fasilitas di pasar tradisional terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Batu. Salah satunya dengan menaikkan retribusi pelayanan pasar menggelar sidang paripurna tentang Retribusi Pelayanan Pasar di DPRD Kota Batu, Senin (10/2) sore.

Hal itu disampakan oleh Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si bahwa peningkatan retribusi pelayanan pasar sangat penting. Pasalnya dengan dilakukan perubahan Perda akan mampu meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan peningkatan PAD.

"Yang jelas untuk Retribusi Pelayanan Pasar perlu ditingkatkan tarif retribusinya. Karena sudah sembilan tahun Perda ini perlu diupdate agar pelayanan bisa diselengarakan dengan baik," ujar Dewanti kepada Malangpostonline.com usai rapat paripurna.

Ia menjabarkan, tujuan utama bukan kenaikan PAD. Tapi dengan retribusi yang naik akan dikembalikan kembali berupa fasilitas dan sarpras kepada pedagang.

"Namun untuk kenaikan retribusi pasar akan dikaji lebih lajut. Mana yang perlu naik dan tidak dengan melihat situasi dan kondisi," imbuhnya.

Perlu diketahui, untuk Perda Kota Batu

Nomor 16 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Pasar sebelumnya tarif retribusi pasar terbagi menjadi tiga kelas. Dengan golongan A seperti kios perhiasan ditarik Rp 200 per meter persegi.

Kemudian Golongan B untuk toko tekstil dan plastik ditarik Rp 160 per meter persegi dan golongan C seperti toko kue dan ikan basah ditarik Rp 120 per meter persegi. Retribusi itu ditarik setiap harinya yang terbagi untuk pelataran, kios, dan los.

Selama tahun 2019 lalu, untuk retribusi pasar pelataran ditarget Rp 580 juta dan terealisasi Rp 592 juta. Untuk kios Rp 425 juta terealisasi Rp 318 juta dan untuk los dari target Rp 8,3 juta tercapai Rp 29 juta.

Selain Raperda Retribusi Pasar, dewanti juga menyampaikan dua perda Penyerahan dan Pengelolaan Prasarana, Sarana dan Utilitas serta Raperda Perubahan Atas Perda

Tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah. (eri)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : eri
Uploader : rois
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU