Peringatan HPSN 2020

Khofifah : Mengurus IMB Wajib Buat Biopori

  • 18-02-2020 / 14:04 WIB
  • Kategori:Batu
Khofifah : Mengurus IMB Wajib Buat Biopori Simbolis : Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa secara simbolis membuat lubang biopori di area Taman Rekreasi Sengkaling dalam perayaan HPSN 2020 Selasa (18/2) siang ini.

Malangpostonline.com, DAU - Gubernur Jawa Timur, Kofifah Indar Parawansa memperingatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN 2020) di area wisata Sengkaling, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Selasa, (18/2) siang. Pada kesempatan itu Khofifah menegaskan agar Pemda menerbitkan aturan agar setiap pengurus IMB membuat biopori.

"Biopiro atau sumur resapan sudah merupakan tradisi lama di Indonsia sejak tahun 97-98. Karena itu saya berharap masing-masing daerah ketika akan memberikan IMB bagi pelaku usaha atau warga agar wajib membuat biopori," ujar Khofifah kepada Malangpostonline.com Selasa (18/2) siang.

Ia menjelaskan lebih lanjut, persyaratan tersebut merupakan komitmen bagi pemerintah dan masyarakat untuk mengantisipasi banjir. Terutama di kota-kota besar yang mengalami pembanguan pesat serta memiliki kepadatan penduduk tinggi.

"Ini merupakan sinergitas yang harus dijalankan. Karena semala ini masyarakat dari bawah atau bottom up sudah melakukan kreatifitas dan inovasi seperti yang telah di pamerkan dalam peringatan HPSN 2020," bebernya.

Selain itu beberapa penyebab banjir, diungkap mantan Mensos ini karena perilaku masyarakat yang masih membuang sampah di sungai. Salah satunya adalah sampah popok yang membahayakan lingkungan.

"Salah satu sampah yang banyak adalah popok. Itu membahayakan lingkungan. Sampah popok itu sebenarnya bisa diolah menjadi kerajinan vas bunga, seperti saya lihat di Kota Batu," imbuhnya.

Bahkan,lanjut dia, diungkapnya sampah juga bernilai ekonomis dari inovasi dan kreatifitas oleh komunitas peduli lingkungan. Seperti komunitas peduli sampah Mojokerto yang memiliki tagline sampah dari PR menjadi RP, demokrasi dari demo kreasi. Serta inovasi beberapa daerah lainnya. (eri)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : eri
Uploader : MG
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU