Danrem 083/Baladhika Jaya Tanam 7000 Ribu Veriter

  • 19-02-2020 / 12:14 WIB
  • Kategori:Batu
Danrem 083/Baladhika Jaya Tanam 7000 Ribu Veriter Sinergi : Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin bersama Forkopimda lakukan penanaman rumput vetiver di Gunung Banyak, Kel. Songgokerto, Kec/Kota Batu, Rabu (19/2) siang ini.

Malangpostonline.com, BATU - Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin pimpin penanaman rumput vetiver (rumput akar wangi) bersama Forkopimda dan semua masyarakat di Gunung Banyak, Kel. Songgokerto, Kec/Kota Batu, Rabu (19/2) pagi ini. Penanam rumput vetiver tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya bencana longsor.

"Kita menanam vetiver di Kota Batu ini sebanyak 7000 bibit. Sebelumnya juga sudah kita canangkan di Lumajang. Dan Jawa Timur adalah pelopor tempat menanam menanam vetiver," ujar Kolonel Inf Zainuddin kepada Malangpostonline.com siang ini.

Ia menjelaskan, penanaman rumput asal India tersebut dilakukan atas instruksi Presiden dan BNPB agar setiap kota/kabupaten langsung action. Menindaklanjuti hal itu, Gubernur, Kapolda, dan Pangdam langsung gerak bersama.

Penanaman rumput vetiver dilakukan serentak di Kota Batu, lanjut dia, karena alam Indonesia mulai rusak. Sehingga harus dijaga kelestariannya. "Jadi penanaman ini adalah wujud dari kita mencintai dan menjaga alam," imbuhnya.

Menurutnya, dari penelitian para ahli, rumput veriter ini memiliki banyak manfaat. Mula dari mencegah erosi dan longsor. Selain itu rumput yang disebut akar wangi ini juga memiliki nilai produktif sebagai bahan kosmetik dan minyak wangi.

"Saya harap ini tak hanya formalitas dengan menanam saja. Tapi harus berkelanjutan dengan merawat. Saya harap ini juga jadi sentra pembibitan. Karena tujuh ribu hingga satu juta rumput kurang," bebernya.

Dengan begitu, ia ingin ada tindak lanjut oleh tiga pilar, Babinsa, Babinkamtibnas, kades, dan organisasi pencinta lingkungan melakukan edukasi kepada masyarakat. Untuk kemudian dilakukan penanaman lahan kritis.

Dalam pelaksanaanya, Kota Batu ada 7000 rumput vetiver yang ditanam selama tiga hari ini (17-19/2) dengan penanaman tersebar di tiga kecamatan di kota Batu. Meliputi Kec. Batu dilakukan di Paralayang atau Songgokerto dan Oro-Oro Ombo. Kec. Junrejo di Tlekung dan Pendem. Serta Kec. Bumiaji di Tulungrejo dan Sumberbrantas.

Penanaman rumput pencegah longsor tersebut juga dihadiri oleh Wawali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso MM, Wawali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Pabung Kodim 0818 Batu-Malang Mayor Arm.Choirul Efendi, Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prarama, Kapolresta Malang Kota, Kombes Leonardus Simarmata dan kepala OPD. (eri)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-propert

Editor : eri
Uploader : rois
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU