Tak Ingin Ada Korban, Elemen Warga Batu Galang Donasi dan Aksi

  • 28-03-2020 / 15:56 WIB
  • Kategori:Batu
Tak Ingin Ada Korban, Elemen Warga Batu Galang Donasi dan Aksi SINERGI: Sinergi elemen masyarakat Kota Batu tergabung dalam FRWKB perangi Covid-19.

Malangpostonline.comBATU - Bencana Nasional Pandemi Covid-19 manjadi perhatian. Tak hanya bagi Pemerintah Kota Batu. Tapi juga bagi seluruh elemen masyarakat Kota Batu yang tergabung dalam Forum Rembug Warga Kota Batu (FRWKB) dengan menggalang donasi dan aksi untuk mencegah Covid-19.

Tak tanggung-tanggung dalam penggalangan aksi sejak Jumat (27/3) malam hingga Sabtu (28/3) kemarin, donasi yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp 25 juta. Kemudian dari hasil donasi yang didapat FRWKB bakal melakukan aksi dengan penyemprotan disinfektan, membagi hand sanitiser, dan juga masker gratis bagi warga Kota Batu. 

Koordinator FRWKB, Sudarno menyampaikan bahwa donasi dan aksi yang digelar oleh FRWKB bertujuan untuk mencegah persebaran Covid-19 di Kota Batu. Selain itu untuk menggugah seluruh masyarakat untuk ikut ambil peran dalam memerangi pandemi Covid-19.

"Kegiatan bertema 'Kota Batu Lawan Corona' ini bakal berlangsung pada Selasa (31/3) mulai pukul 8.00 WIB hingga selesai bersama Polres Batu dengan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan ini nantinya bakal menyasar tempat-tempat umum dengan dimulai dari Pasar Besar Kota Batu," ujar Sudarno kepada Malangpostonline.com Sabtu (28/3) siang.

Ia menerangkan, selain Pasar Besar yang akan disemprot disinfektan. Beberapa lokasi yang rawan dan berkumpulnya massa diantaranya terminal, halte TMP, Pasar Sanggrahan, Pasar Gentengan, block office, kantor DPRD, tempat wisata, mangkal ojek online, tempat ibadah seperti masjid, klenteng, gereja, dan vihara.

Dari aksi tersebut, lanjut dia, bertujuan untuk memaksimalkan pencegahan sebaran Covid-19 supaya tidak mewabah. Bahkan sampai ada korban di Kota Batu. Kemudian melalui aksi nantinya bisa berdampak positif pada perilaku dan kesadaran hidup bersih warga dalam merespon pandemi. 

"Aksi yang kami lakukan agar tidak ada efek domino akibat corona seperti negara-negara lain contohnya Cina, Italy, AS dan lainnya," imbuhnya.

Ditambahkan oleh anggota FRWKB, Heri Maskur bahwa hingga sampai beberapa waktu kedepan pihaknya juga membuka posko penggalangan dana di Kantor Kadin Jalam Kartini, Kelurahan Ngaglik dan Cluster IB, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Temas. Tak hanya itu di dua tempat itu petugas bakal menyiapkan isi ulang hand sanitizer bagi masyarakat yang membutuhkan secara gratis. 

"Apa yang kami lakukan adalah aksi awal FRWKB. Kedepan kami juga akan memantau dan mencari solusi dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkan supaya tidak memperlemah kondisi di Batu dengan memberikan bantuan bahan pokok dari hasil donasi yang terkumpul," paparnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan jasa bantuan hukum bagi masyarakat pra sejahtera yang membutuhkan melalui LBH PP Kota Batu di situasi dan kondisi seperti saat ini. Bantuan yang diberikan bagi masyarakat adalah mereka yang tengah tergencet masalah piutang dan harus membayar ke perbankan, namun tak mendapat penghasilan akibat Covid-19.

Perlu diketahui, FRWKB terdiri dari element masyarakat mulai dari kalangan umum, tokoh agama, tokoh masyarakat, anggota DPRD, Ormas Pemuda Pancasila, Kadin Batu, pengusaha, pengacara, pedagang, dan jurnalis di Kota Batu. (eri)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU