Kurangi Kepanikan Warga, Lumbung Stroberi dan Tagana Kota Batu Bagikan 1.050 Botol Hand Sanitizer

  • 30-03-2020 / 06:37 WIB
  • Kategori:Batu
Kurangi Kepanikan Warga, Lumbung Stroberi dan Tagana Kota Batu Bagikan 1.050 Botol Hand Sanitizer RELAWAN: Proses Pembuatan hand sanitizer oleh tim Relawan Tagana, karang taruna dan relawan lumbung stroberi. (MALANG POST/ ASRA BULLA JUNGA JARA)

Malangpostonline.comBATU - Ribuan Kepala Keluarga (KK) di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu mendapat hand sanitizer herbal, Minggu, (29/3) kemarin. Hand sanitizer itu dibuat oleh pemuda karang taruna, relawan lumbung stroberi dan tim tagana Kota Batu, totalnya ada sebanyak 1.050 botol. Proses pembuatan dilaksanakan di Lumbung Stroberi Desa Pandarejo.

Bahan-bahan yang untuk pembuatannya, mulai dari serai, daun siri, lemon, lidah buaya dan alkohol sebanyak satu liter.

Darto Ralianto, salah satu Relawan Tagana Kota Batu Cabang Desa Pandanrejo, mengatakan hand sanitizer herbal yang dibagikan, bisa digunakan untuk bahan pencuci tangan setelah melakukan aktivitas kerja.

“Bahan-bahan hand sanitizer ini juga dibuat sangat sederhana, serta didapatkan dari hasil urunan dari Lumbung Stroberi bersama pemuda karang taruna. Kami dari tim tagana Kota Batu membantu mempersiapkan takaran hand santizer yang sesuai anjuran dari tim kesehatan penaganan Covid-19,” ungkapnya.

Lebih lanjut Darto juga menambahkan, pembagian herbal hand sanitizer kepada setiap kepala keluarga diadakan, demi untuk pemakaian sebagai bahan pengganti sabun anti virus yang susah didapatkan sekarang. Sebab katanya, sabun-sabun pencuci tangan seperti detol sudah tidak ada lagi yang menjual di toko-toko terdekat. Oleh karena itu pemuda mempunyai insiatif untuk membuat sendiri dari bahan yang muda didapatkan.

“Kami mencoba mengunakan bahan-bahan yang bisa dijangkau masyarakat untuk mengurangi kepanikan warga terhadap adanya virus corona dengan kekurangan sabun pencuci tangan,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Andri Tri Irawan Pengelola Lumbung Stroberi, apabila hand sanitizer yang sebanyak 1.050 botol dengan kemasan per botol isinya sebanyak 300 mm. Hanya perlu tiga jam saja dalam membuat herbal handsantizer sebanyak 1.000 liter.

“Kami juga berharap dari pemerintah Desa Pandanrejo serta masyarakat bisa mendukung pembuatan handsantizer sambil menunggu keadaan virus corona kembali membaik,” pungkasnya.(mg2/ary)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : MP
Fotografer : MP

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU