Pemkot Batu Siapkan Shelter Isolasi Bagi ODP

  • 31-03-2020 / 17:27 WIB
  • Kategori:Batu
Pemkot Batu Siapkan Shelter Isolasi Bagi ODP Teleconference : Jubir Covid-19 Kota Batu, M.Chori bersama jurnalis tengah menggelar Teleconference terkait Covid-19, sore ini.

Malangpostonline.comBATU - Pemkot Batu siapkan shelter bagi mereka yang terdampak Covid-19 di areal Kota Batu. Rencana itu disampaikan oleh Jubir Gugus Satgas Pencegahan Covid-19 Kota Batu, M. Chori kepada jurnalis melalui teleconference Selasa (31/3) sore.

Rencana pembuatan shelter tersebut tengah dikaji oleh Pemkot mulai dari lokasi, sarana dan prasarana. Tujuannya agar mereka yang terdampak, khususnya bagi mereka yang berstatus ODR dan ODP agar benar-benar melakukan isolasi sesuai dengan SOP pencegahan covid-19.

"Setiap hari memang terjadi peningkatan ODR di Kota Batu (grafis.red). Ini karena ada pergerakan orang keluar masuk ke Kota Batu. Sehingga Pemkot Batu tengah mengkaji pembuatan shelter saat ini," ujar Chori dalam teleconference bersama jurnalis kemarin.

Lebih lanjut pihaknya juga tengah melakukan kebijakan perencanaan anggaran. Sesuai dengan arahan pemerintah pusat untuk realokasi anggaran dalam penekanan covid-19 di Kota Batu.

Selain perencanaan realokasi anggaran, untuk mencegah pergerakan antar orang yang cukup besar masuk ke Kota Batu. Mengingat ketika tidak dilakukan pencegahan adanya pergerakan warga dari luar Kota Batu akan semakin meningkat orang yang berstatus ODR.

"Ini juga tidak lepas dari banyaknya warga yang pulang kampung ke daerah masing-masing. Sehingga perlu ditingkatkan pengawasannya hingga tingkat RT/RW," bebernya.

Untuk pengawasan itu, Pemkot meminta agar Pemerintah Desa membuat Satgas covid-19. Kemudian nantinya, satgas tersebut akan melaporkan setiap pergerakan warga yang keluar masuk dari luar daerah. Terutama dari zona merah.

"Ketika ada warga yang keluar masuk dari luar daerah nanti satgas akan melakukan pengecekkan terlebih dahulu. Jika memang ada kriteria covid-19 langsung akan isolasi 14 hari. Sebaliknya ketika tidak ada tanda-tanda covid-19, bisa isolasi mandiri. Tujuannya untuk mengeleminir orang tersebut agar tidak terdampak," terangnya.

Aturan tersebut, diungkap Kepala Beppelitbang Kota Batu ini akan membuat SE wali kota. Sehingga pemerintahan tingkat desa/kelurahan segera bisa menjalankan instruksi.

Begitu juga bagi pekerja di sektor informal, pihaknya akan segera mencarikan solusi. Seperti para petani bunga yang banyak membuang hasil pertaniannya karena memang tak bisa dipasarkan, kedepan Pemkot bisa memberi suntikan seperti bantuan bibit. (eri)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : eri
Uploader : slatem
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU