Sore Ini Pengumuman SBMPTN 17.886 Camaba Siap-Siap Kecewa

  • 03-07-2018 / 00:23 WIB
  • Kategori:Malang
Sore Ini Pengumuman SBMPTN 17.886 Camaba Siap-Siap Kecewa grafis: Angga, tem/Malang Post

MALANG–Lebih dari 38 ribu peserta SBMPTN di Panlok Malang bakal mendapat kepastian nasibnya, sore ini. Pasca pelaksanaan ujian SBMPTN pada Mei lalu, tiba saatnya para peserta mengetahui diterima atau tidak di PTN pilihan. 
Puluhan ribu peserta tadi memperebutkan daya tampung sekitar 21.094 kursi.
Sesuai data yang didapat Malang Post, daya tampung 21.094 itu terbagi di tiga kampus negeri. Yakni Universitas Brawijaya 11.075 mahasiswa, Universitas Negeri Malang 6.519 mahasiswa dan UIN Maliki 3.500 mahasiswa. Jika daya tampung hanya 21 ribuan, maka akan ada sekitar 17.886 calon mahasiswa baru yang kecewa.
Menurut Ketua Panlok Malang Prof Kusmartono, peserta sebanyak 38 ribu, terbagi di beberapa kampus. Misalnya peserta Saintek di Universitas Negeri Malang sekitar 17.135 peserta. Lalu di Universitas Brawijaya 17.987 peserta. Serta di UIN Maliki sekitar 3.768 peserta.
“Total peserta 38.890 terbagi dari 37.140 peserta ujian tulis dan 1.750 peserta ujian komputer,” tegasnya.
Adapun pengumuman hasil SBMPTN dapat dilihat peserta pada laman website resmi di http://www.sbmptn.ac.id mulai pukul 17.00 WIB. 
Sejumlah peserta sudah harap-harap cemas menantikan hasil pengumuman, bahkan beberapa di antara peserta di sosial media info SBMPTN pusat ada yang mengaku lupa, bahkan kehilangan kartu tes, sehingga bingung untuk login website nanti.
Menanggapi hal tersebut, Kabag Humas UB, Kotok Gurito menjelaskan bahwa peserta tak perlu khawatir jika tak dapat login website hanya lupa nomor PIN yang harus diinput. Menurutnya, peserta dapat mengecek website dengan mencantumkan nama dan tanggal lahir. “Jika lupa nomor tes, peserta dapat mencantumkan nama dan tanggal lahir untuk diinput ke laman pendaftaran SBMPTN, atau jika masih belum yakin, maka dapat menghubungi pihak terkait,” urainya.
Jika peserta sudah mengetahui hasilnya, maka seharusnya disarankan untuk langsung registrasi online besok. Bisa melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh dari Bidikmisi Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ristekdikti. Sebelum mencetak kartu tanda peserta, yang bersangkutan dapat melakukan pembayaran terlebih dahulu.
“Peserta dapat registrasi sehari sebelumnya dan melakukan pembayaran melalui bank pada 13 Juli mendatang. Daya tampung UB tahun ini sebanyak 11.075 dan 30 persen diambil dari jalur SBMPTN. Seluruh proses verifikasi dilaksanakan secara online, tak perlu datang ke kampus,” tutur Kotok.
Sementara itu, Universitas Negeri Malang memiliki daya tampung total sebanyak 6.519 maba yang terdiri dari 1.960 maba jalur SNMPTN, 2.608 maba jalur SBMPTN dan 1.951 maba jalur Mandiri. Sementara proses yang telah dilakukan adalah registrasi jalur SNMPTN ini dengan jumlah maba sebanyak 2.107 orang.
Pengumuman jadwal registrasi dan tempat registrasi terpadu satu atap di Graha Cakrawala. Setelah pengumuman hasil SBMPTN dan camaba dinyatakan diterima, maka dapat melakukan registrasi online pada 10 Juli. Pada tahap tersebut, dilakukan verifikasi dokumen dan camaba dapat langsung foto KTM sekaligus mengambil jas almamater.
“KTM langsung jadi dan jas almamater juga diberikan. Peserta dapat mengenakan sesuai ukuran,” tuturnya.
Sedangkan UIN Maliki yang memiliki daya tampung 3.500, tahun ini dikabarkan akan membuka sejumlah prodi baru. Namun masih dalam proses penetapan setelah rapat akhir.
“Nanti akan ada beberapa jurusan baru dengan jumlah pendaftarnya yang akan diinformasikan kembali setelah rapat akhir,” imbuh singkat Kabag Kemahasiswaan UIN Maliki, Abdul Aziz.(mg3/ary)

Editor : Ary
Uploader : slatem
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU