Jadmiko Emban Amanah Kemajuan Kebudayaan

  • 25-11-2018 / 23:47 WIB
  • Kategori:Malang
Jadmiko Emban Amanah Kemajuan Kebudayaan TERPILIH:  Jadmiko Adi Widodo menjadi ketua terplilih Komite Kebudayaan Kota Malang setelah melalui prosesi pemilihan. (Sisca Angelina/Malang Post )

MALANG- Ketua Malang Musik Bersatu (MMB), Jadmiko Adi Widodo resmi terpilih menjadi Ketua Umum Komite Kebudayaan Kota Malang, dalam pemilihan yang digelar di Museum Mpu Purwa, Jumat (23/11) malam. Jadmiko mampu mengungguli tiga calon lainnya yang juga maju dalam pemilihan ketua Komite Kebudayaan Kota Malang.

Dari hasil pemilihan suara, Jadmiko meraih sebanyak 32 suara, Wahyu Eko Setiawan mendapat tujuh suara, Dandung Prasetyo mendapat 15 suara dan calon nomor urut empat, Yusuf Muntaha memperoleh suara terbanyak ke dua, sebanyak 27 suara.

Bagi Jadmiko, amanah tersebut akan berat dijalaninya. "Ini adalah amanah yang terus terang memang sangat berat, tapi harus saya jalankan bersama teman-teman," kata Jadmiko memberikan sambutan usai terpilih di pelataran Museum Mpu Purwa, Kota Malang.

Ia dan seluruh anggota yang terbentuk akan bekerja bersama untuk memajukan kesenian dan budaya di Kota Malang. Meski berat, gerak budaya harus menjadi hal utama dalam pembangunan sebuah daerah. Kebersamaan ia nilai sangat penting untuk meningkatkan peran serta seni dan budaya di masa mendatang.

"Komite Kebudayaan ini bukan pahlawan atau penolong, namun ini adalah proses rembug untuk bekerja bersama memajukan kebudayaan dan kesenian di Kota Malang. Semua yang berat akan menjadi ringan untuk menjadikan Kota Malang sebagai kota yang berbudaya," terangnya.

Jadmiko merupakan sosok seniman sekaligus pemerhati seni yang banyak bergerak di bidang musik. Pengalaman organisasinya salah satunya sebagai pendiri band kontemporer Hel Gedableh menggunakan lirik bahasa Malangan pada 1994.

Sempat merilis album pertama berjudul Babad Alas, 1996. Kemudian merilis album kedua kilas balik berjudul Kilas Jagad, 2011. Sederet lainnya diantaranya penggagas komunitas musik mulai Kubam, VOM (Voice of Malang), MDC dan Guitarsick, 2014.

Ia sempat membawa Rekor MURI saat melaksanakan kegiatan 104 Sound of Unity belum lama ini. Jadmiko juga menjabat sebagai Ketua Malang Musik Bersatu (MMB) hingga saat ini.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan kebanggannya atas antusias dan inisiasi untuk melakukan pemikiran dalam bidang kebudayaan pasca vakumnya Dewan Kesenian Malang.

“Dengan terbentuknya komite diharapkan mampu memberi pembaharuan dalam bidang kesenian dan kebudayaan. Selain itu, para pengurus nantinya diharapkan mampu membuat poin-poin khusus untuk mengembangkan seni dan budaya secara bersama-sama dengan Pemerintah Kota Malang.” pungkasnya. (ica/udi)

Editor : udi
Uploader : abdi
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU