Sering Ngadat, Disdag Akan Tambah Truk Sampah Untuk Pasar

  • 27-08-2019 / 21:12 WIB
  • Kategori:Malang
Sering Ngadat, Disdag Akan Tambah Truk Sampah Untuk Pasar

MALANGPOSTONLINE.COM - Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang akan melakukan pengadaan truk sampah untuk pasar. Sebab, dari 11 truk sampah yang dimiliki, empat armada sering ngadat. Sehingga, perlu adanya penggantian armada truk baru untuk mengangkut sampah yang ada di seluruh pasar di Kota Malang. Diantaranya Pasar Blimbing, Pasar Besar, Pasar Kebalen dan lainnya.

Kepala Disdag Kota Malang, Wahyu Setianto mengungkapkan, pengadaan truk baru terakhir dilakukan sekitar tahun 2005 lalu. Untuk itu, ia menilai, pengadaan armada baru memang harus dilakukan. “Empat armada yang sering bermasalah itu pengadaan sudah lama. Sedangkan, setiap hari kami harus bekerja,” terang dia.

Menurutnya, biaya servis untuk keempat armada yang sering ngadat tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi, jika servis dilakukan berkali-kali dan bergantian. “Untuk itu, kami siasati, ada yang servis, ada yang jalan, gantian dulu. Sehingga saat ini memang sudah perlu pengadaan lagi,” kata Wahyu.

Untuk pengadaan truk tersebut, Disdag sudah menganggarkan sebesar Rp 1,3 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang tahun 2019. Saat ini, pengadaan armada truk sampah tersebut masih dilakukan proses lelang. Dimana, harga satu truk berkisar Rp 400 juta. “Jika proses lelang sudah selesai, barang diprediksi akan datang dan siap beroperasi pada bulan September mendatang,” jelas dia.

Dia merinci, anggaran tersebut akan digunakan untuk pengadaan dua unit dump truk sampah dan satu unit truk anggota Pengawas dan Ketertiban (Wastib). Sebab, selama inspeksi, anggota Wastib kerap mengandalkan tumpangan dari truk sampah. “Truk sampah itu beroperasi mulai pagi hingga malam hari. Jadi kalau pas bersamaan, kami kesulitan. Makanya perlu juga pengadaan untuk wastib,” tandas dia.(tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU