Rayakan Satu Muharran. Kecamatan Sukun Adakan Karnaval

  • 01-09-2019 / 17:35 WIB
  • Kategori:Malang
Rayakan Satu Muharran. Kecamatan Sukun Adakan Karnaval

MALANG - Memperingati tahun baru hijriah, seluruh masyarakat Kecamatan Sukun menggekar karnaval budaya, Minggu (2/9). Selain mengadakan karnaval, seluruh masyarakat juga menggelar doa dan pengajian bersama hingga bersih desa. Hal tersebut dlakukan sebagai salah satu bentuk syukur yang dilakukan oleh masyarakat.

Berdasarkan data yang diperoleh Malangpostonline.com, karnaval tersebut diadakan di beberapa titik. Seperti di Kelurahan Kebonsari hingga Gadang. “Untuk karnaval dan kirab budaya, merupakan salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat untuk memperingati suroan (1 Muharram 1441 H). Sekaligus, memperingati HUT Kemerdekaan ke-74 RI,” terang Camat Sukun, I Ketut Widi E Wirawan.

BACA JUGA: 

Selain itu, wilayah Keluragan Bandungrejosari juga megadakn karnaval dan kirab budaya. Sesuai tradisi, sebagai bentuk rasa syukur terhadap rezeki yang telah diberikan sepanjang tahun. “Untuk itu, ada rangkaian acara karnaval yang dibuat untuk sedekah bumi. Sebagian kecil masyarakat juga membagikan sembako,” kata dia.

Sementara itu, pada sore harinya, masyarakat Sukun memperingati istiqisah 1 Muharram sekaligus Haul Mbah R.Ach, Abdul Muntolib di Keluraha Sukun. “Dalam kegiatan tersebut juga disertai dengan keguatan bersih desa,” kata dia.

Serangkaian kegiatan yang diadakan tersebut diharapkan mampu menjaga tali silaturahmi antar warga sekitar. “Kami berharap, dengan adanya kegiatan tersebut mampu membuat warga masyarakat semakin guyub dalam hal apapun,” tandas dia. (tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : irawan
Penulis : tea
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU