Ajak Masyarakat Makan Ikan, Bidang Perikanan Disperta Adakan Bazaar

  • 02-09-2019 / 16:21 WIB
  • Kategori:Malang
Ajak Masyarakat Makan Ikan, Bidang Perikanan Disperta Adakan Bazaar

MALANG - Saat ini, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang sedang menggelar bazzar. Kegiatan yang digelar oleh bidang perikanan tersebut akan berlangsung hingga akhir bulan September 2019 mendatang. Tujuannya, untuk meningkatkan minat masyarakat untuk makan ikan. 

Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Kota Malang, Atfiah El Zamzami mengungkapkan, selama bulan Agustus hingga September 2019, pihaknya menggeber bazaar makanan olahan ikan, yang diadakan di kantor bidang perikanan, yakni di Jalan Sarangan, Kota Malang. Bazaar tersebut menyediakan aneka makanan olahan ikan. Selain itu, kami juga akan mengadakan pameran ikan non konsumsi,” terang dia kepada Malangpostonline.com

Pada bulan berikutnya, lanjut dia, ia juga akan menggelar lomba memasak ikan untuk menarik antusias masyarakat. “Kemudian, bulan November nanti, kami akan memperingati Hari Ikan Nasional. Untuk itu, kami terus menggencarka berbagai macam program untuk meningkatkan minat masyarakat untuk makan ikan,” jelas dia.

Selain melalui bazaar, pihaknya juga terus menggencarkan kampanye gemar makan ikan melalui Swalayan Ikan. Pusat perbelanjaan tersebut didirikan pada tahun 2016 lalu, yang menjual berbagai produk UKM yang menyediakan makanan olahan ikan. “Swalayan ikan ini bertujuan juga untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat kota malang tentang pentingnya mengkonsumsi ikan untuk pemenuhan gizi keluarga,” kata dia.

Kemudian, pihaknya juga menggeber gerakan memasyarakatkan makan ikan atau yang sering disingkat dengan gemarikan. Program tersebut memberikan edukasi langsung kepada masyarakat tentang pengolahan ikan. “Mulai dari bagaimana memilih ikan yang segar, bagaimana mengolah ikan yang baik sehingga gizi ikan tetap terjaga dan juga mengenai pentingnya mengkonsumsi ikan untuk tumbuh kembang anak,” jelas dia.

Sampai tahun 2019 ini, program Gemarian tersebut juga melibatkan anak-anak, mulai dari usia TK hingga SMP. Tak hanya itu, program tersebut juga menggandeng ibu-ibu PKK Kota Malang. “Dengan adanya swalayan ikan ini kami berharap masyarakat kota malang tercukupi kebutuhan gizi keluarganya. Sehingga mampu menjadi SDM yang unggul sesuai dengan program dari pemerintah pusat,” tandas dia. (tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : irawan
Penulis : tea
Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU