DPUPR Lakukan Perbaikan Drainase di Beberapa Titik

  • 02-09-2019 / 22:55 WIB
  • Kategori:Malang
DPUPR Lakukan Perbaikan Drainase di Beberapa Titik

MALANGPOSTONLINE.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang saat ini sedang melakukan perbaikan drainase di beberapa titik. Salah satunya di kawasan Jalan Wilis. Proyek perbaikan drainase tersebut akan diselesaikan secara bertahap, agar tidak terjadi genangan air ketika musim hujan tiba.

“Sampai saat ini, kami masih terus lakukan perbaikan drainase secara bertahap, di titik-titik tertentu,” terang Kepala DPUPR Kota Malang, Hadi Santoso.

Selain dilakukan perbaikan, DPUPR juga tetap melakukan pengawasan terhadap saluran drainase. Jika suatu saat terjadi penyumbatan dari warga, pihaknya juga sudah menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) khusus. Satgas tersebut dibentuk untuk melakukan pembersihan drainase dari berbagai jenis sampah. Mulai sampah rumah tangga, plastik, kertas hingga kayu.

“Personil khusus tersebut kami siagakan. Ketika ada keluhan dari masyarakat, tim langsung bergerak menuju lokasi. Kami selalu berupaya agar masyarakat merasa dilayani dengan baik,” imbuh dia.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan konservasi SDA dan drainase. Sebab, selama ini, permasalahan genangan air maupun banjir yang melanda Kota Malang disebabkan karena kondisi rainase yang tertutup cor-coran. “Kami sudah mencoba menggugah partisipasi masyarakat. Seperti tidak membuang sampah di saluran air, dan tidak menutup saluran yang ada,” ujar dia.

Selain itu, ia juga meminta dukungan dan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif bagi lingkungannya. Jika saluran air yang ada di depan rumah warga sampai dicor, maka akan mengakibatkan kesulitan dalam pembersihan.

“Kami masih memberi kelonggaran bagi masyarakat, bahwa saluran air boleh saja ditutup, tapi dibuatkan lagi bak kontrol untuk bisa dilakukan pembersihan,” ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar menjadi pembelajaran bagi masyarakat, agar semua tidak ditutup dan lebih peduli terhadap lingkungan di sekitarnya.

“Penanganan drainase itu harus komplek, mulai dari buangannya itu dimana, lalu menuju ke sumbernya, bukan dari sumber menuju ke pembuangan. Kami sebagai pemerintah juga minta dibantu oleh masyarakat,” tandas dia.(tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU