Unik! Syuroan, Warga Sukun Ini Kumpul di Tengah Makam

  • 09-09-2019 / 23:58 WIB
  • Kategori:Malang
Unik! Syuroan, Warga Sukun Ini Kumpul di Tengah Makam

MALANG - Biasanya peringatan Syuroan awal Muharram digelar khidmat dengan kirab tumpengan di jalan dengan meriah dan finish di balai desa atau masjid. Tapi hal berbeda diperlihatkan warga RW 2 Kelurahan Sukun, Senin malam ini.

Mereka memperingati Syuroan Bersih Kampung yang bertepatan dengan malam Asyuro 10 Muharram dengan kumpul di Makam Sukun tepatnya TPU 07 Gang Makam Jalan S Supriadi Gang 7.

Warga dari RT 1 - 9 berkumpul di tengah makam ini. Setelah sebelumnya mereka melakukan kirab dan langsung menuju tengah makam.

Sesepuh Warga Kampung RW 02 Makam Sukun, Hariono menjelaskan, kegiatan ini memang memiliki makna tersendiri bagi warga disana.

"Dulu kawasan makam ini image nya jelek. Makam ini dulu jadi tempat minum-minuman dan hal buruk lainnya. Dari situ warga sini ingin sekali berubah menjadi lebih baik," jelasnya.

Lagipula kegiatan ini sempat terputus. Tradisi tersebut kemudian kembali diteruskan 4 tahun silam dengan semangat warga yang ingin kembali pada akar budaya yang pernah ada.

Muharram menjadi momen tepat. Yakni mengembalikan pikiran dan jiwa untuk disucikan kembali.

"Namanya juga bersih desa, bersih kampung bukan hanya lingkungannya saja yang dibersihkan. Tapi hati juga dibersihkan," tegasnya.

Sementara itu Ketua Paguyuban Jasa Makam Sukun (PJMS) Moh Soleh mengungkapkan, makam ini bukanlah merupakan tempat yang dilupakan begitu saja untuk menguburkan orang.

Tetapi juga menjadi sebuah tempat yang penuh sejarah utamanya di Makam Sukun ini.

"Disini ada Makam Mbah Mail. Tokoh pertama yang membuka lahan ini menjadi pemukiman. Ini jangan sampai dilupakan dan budaya kita harus terus diingat," terangnya.

Peringatan Syuroan ini bagi warga, katanya, menjadi poin penting memulai kehidupan bermasyarakat kembali. Lantunan doa dan ungkapan syukur dipersembahkan untuk menyertai kehidupan masyarakat sekitar lebih baik dan selamat.

Kegiatan ini juga dilengkapi dengan kirab keliling RT 1 hingga 9, santunan kepada kurang lebih 12 anak yatim dan 26 janda duafa. Selain tahlil, juga diisi dengan ceramah agama oleh Ust. Sudirman Hala. Kedepan diharapkan acara ini dapat diadakan kembali (ica/aim/Malangpostonline.com)

Editor : aim
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : ica

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU