10 Muharram, Masjid Agung Jami' Santuni 3.486 Dhuafa

  • 10-09-2019 / 14:29 WIB
  • Kategori:Malang
10 Muharram, Masjid Agung Jami' Santuni 3.486 Dhuafa Takmir Masjid Agung Jami Malang memberikan santunan kepada para dhuafa pada 10 Muharram.

MALANG - Masjid Agung Jami' Malang membagikan zakat mal kepada masyarakat, Selasa (10/9). Santunan yang digelar bertepatan dengan 10 Muharram itu telah terkumpul uang tunai sebesar Rp 371 juta dan dibagikan kepada 3.486 masyarakat Kota Malang yang tidak mampu.

Sejak pukul 08.00 pagi, masyarakat mulai memadati masjid yang terletak di kawasan Alun-Alun Kota Malang itu. Mereka mengantre untuk mendapat giliran pembagian zakat. Secara rinci, zakat mal  dibagikan kepada 161 lembaga, 1.079 siswa, 874 guru, 1.428 fuqara', dhuafa dan ibnu sabil serta 105 mualaf.

"Uang zakat mal tersebut kami kumpulkan selama bulan Ramadan. Kemudian, setiap tanggal 10 Muharram, kami bagikan kepada masyarakat yang berhak," terang H. Abdul Aziz, Ketua II Bidang Sosial Takmir Masjid Agung Jami' Malang.

Pria yang akrab disapa Abah Aziz tersebut menerangkan, sebagai penyalur zakat, pihaknya menerima proposal permohonan dari beberapa lembaga. Sementara, untuk masyarakat lain, cukup menyertakan fotokopi KTP. "Kami sudah memiliki data siapa saja yang diberi bagian. Dari dana yang kami terima, kami melakukan penghitungan. Insya Allah semua dapatnya sama," kata dia.

Menurut pria berkacamata ini, pembagian zakat tersebut dilakukan saat 10 Muharram sesuai dengan sunnah, yakni memperbanyak sedekah kepada anak yatim dan dhuafa untuk menambah pahala. "Selain itu, pada tanggal tersebut, dianjurkan bagi suami melebihkan uang belanja istrinya. Agar ada kelonggaran dari belanja sehari-hari. Sehingga, mendapat pahala yang berlipat ganda," tandas dia. (tea/aim/Malangpostonline.com)

Editor : aim
Uploader : irawan
Penulis : tea
Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU