AMIDA Jatim Sayangkan Penjualan Museum Bentoel

  • 10-09-2019 / 17:45 WIB
  • Kategori:Malang
AMIDA Jatim Sayangkan Penjualan Museum Bentoel

MALANG-Belakangan, muncul kabar bahwa Museum Bentoel yang terletak di kawasan Jalan Wiro Margo Kota Malang tersebut akan dijual. Hal tersebut memunculkan reaksi dari berbagai pihak.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Asosiasi Museum Indonesia Daerah (Amida) Jawa Timur, Dwi Cahyono mengungkapkan, terklait Museum Bentoel, pihaknya baru mengetahui kabar akan dijual sekitar dua minggu lalu. “Saya tahu baru sekitar dua minggu lalu. Untuk itu, saya harus berkomunikasi dengan pihak manajemen,” terang dia ketika dihubungi Malangpostonline.com

Pada kesempatan tersebut, Dwi menjelaskan, terkait status bangunan cagar budaya, gedung tersebut saat ini masih dalam tahap pengajuan rekomendasi. Rencananya, gedung tersebut akan dijadikan salah satu bangunan cagar budaya tahun ini. “Untuk menjadikan gedung tersebut sebagai cagar budaya, harus ada rekomendasi terlebih dahulu. Ada prosesnya,” urai pria yang juga Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) BPC Kota Malang ini.

Menurutnya, saat ini, Museum Bentoel sudah tidak lagi dikelola oleh keluarga Bentoel, namun sudah ada pada kepemilikan baru. “Siapapun yang memiliki, nggak ada masalah, yang penting harus dijaga. Untuk itu, kita harus tanya kepada manajemen apa alasannya. Bisa saja ditutup dan kemudian membangun museum baru,” jelas dia.

Bagaimanapun, lanjut dia, sejarah Bentoel aset Kota Malang. Ada pembangunan dan perjuangan disana, termasuk kemajuan industri. “Sayang kalu dijual. Banyak masyarakat dan wisatawan yang ingin tahu tentang sejarah Bentoel dan Kota Malang,” beber dia.

Dia menambahkan, Museum Bentoel bisa saja dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kalau memang pihak Bentol sudah menghibahkan. “Bisa saja kalu sudah dihibahkan ke Pemkot. Bahkan, Amida juga siap untuk mengelola,” tandas dia.(tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : Guest

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU