Tradisi Udeng Mulai Digelorakan

  • 10-09-2019 / 20:03 WIB
  • Kategori:Malang
Tradisi Udeng Mulai Digelorakan Budayakan Udeng Grinsing dilakukan Komunitas Malang Raya Heritage ke menyasar semua komponen masyarakat.(MRH for Malangpostonline.com)

MALANG- Gerakan membudayakan penggunaan udeng mulai kembali dijalankan Komunitas Malang Raya Heritage (MRH).

Setelah memberikan diskon pada pembelian Udeng Grinsing, kemarin MRH memberikan dengan cuma-cuma 30 kain udeng kepada personel Klub Sepak Bola Malang Persema U-17. Hal ini disampaikan pengurus inti MRH Febi Damayanti sore tadi.

Febi menjelaskan menggunakan udeng dan mengenalkan pada generasi selanjutnya adalah satu dari bentuk menjaga warisan budaya.

“Karena pd dasarnya nusantara mempunyai beragam kearifan lokal yang harus dilestarikan. Maka dari itu mulai menggaungkan kearifan lokal pada generasi milenial, dan dimulai dengan memberikan support 30 kain udeng kepada personel Persema U 17,” paparnya.

Ia meneruskan pemberian udeng ini dilakukan untuk selanjutnya bisa dikenakan oleh para punggawa dan official Persema U 17. Juga sekaligus mengkampanyekan budaya nusantara.

Febi menambahkan filosofi penggunaan udeng juga dijelaskan pada anggota Persmea U 17. Bahwa Udeng, pada zaman dahulu digunakan untuk menjaga rambut agar tidak terburai saat bekerja atau bertamu alias agar terlihat rapi.

Selanjutnya gerakan penggunaan udeng ini akan digelorakan MRH ke banyak komunitas lainnya dalam berbagai event ataupun kesempatan. (ica/Malangpostonline.com)

Editor : ica
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : ica

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU