Lho, Bakal Ada Museum Cagar di TPU Nasrani Sukun

  • 10-09-2019 / 22:00 WIB
  • Kategori:Malang
Lho, Bakal Ada Museum Cagar di TPU Nasrani Sukun TPU Nasrani Sukun bakal dipercantik menyusul rencana penetapan sebagai cagar budaya Kota Malang

MALANG- Untuk mendukung Makam Nasrani Sukun sebagai kawasan cagar budaya rencananya sebuah Museum Sejarah akan dibuat di areal TPU Nasrani Sukun dalam waktu dekat.

Museum ini nantinya akan memuat sejarah dari Makam Nasrani Sukun sendiri. Akan dijelaskan mengapa makam tersebut disebut cagar budaya dan memuat sejarah-sejarah didalamnya. Hal ini dijelaskan Bagian Administrasi UPT Pemakaman Umum Nasrani Sukun Hariani kepada Malangpostonline.com  

Konsepnya museum tersebut, lanjut Hariani akan dilengkapi dengan pajangan foto-foto lawas pemakaman yang sudah ada sejak masa Masa Bouwplant III di bawah Pemerintahan H I Bussemaker I (Walikota Malang I tahun 1919-1929).

Kemudian juga akan dipamerkan surat-surat administrasi kuno peninggalan pemerintahan Belanda dulu di makam ini.

“Juga akan dipercantik lagi makam-makam dan nisan kuno di area pemakaman. Apalagi yang tokoh Belandanya. Akan dibedakan makam tokoh belanda dengan diberi cat berbeda atau dikasi tanda plus sejarah atau biografinya,” tandas Hariani.

Beberapa tokoh yang dimakamkan di TPU Nasrani Sukun ini diantaranya makam Dolira Chavid (Tante Dolly), Joseph Wang CDD Pendiri Hua Ind, Dr Ayke Pengikut Freemanson, ada pula CG Lavalette pendiri  RS Lavalete.

Ditambahkan Hariani, menurut informasi yang didapatnya penetapan TPU Nasrani Sukun menjadi Cgar Budaya Kota Malang akan dilakukan sebelum akhir tahun 2019 ini bersamaan dengan 44 benda cagar, kawasan atau struktur diduga cagar lainnya. (ica/Malangpostonline.com)

Editor : ica
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU