500 Tanaman Anggrek di Kampung Anggrek Bisa Dibeli

  • 11-09-2019 / 13:32 WIB
  • Kategori:Malang
500 Tanaman Anggrek di Kampung Anggrek Bisa Dibeli Kampung Anggrek Kelurahan Gadingkasri menawarkan keindahan tanaman anggrek yang juga bisa dibeli.

MALANG- Sebanyak 500 Tanaman Anggrek di Kampung Anggrek Kelurahan Gadingkasri sudah menarik minat pencinta anggrek untuk memilikinya. Baru dilaunching siang tadi, kampung ini sudah sangat menarik hati dan mata.

Terlihat tamu undangan dan warga yang melihat sudah mulai menawarkan berapa harga anggrek disana. Harganya pun bervariasi, tanaman anggrek yang sudah terlihat besar dan berbunga dihargai Rp 200 hingga Rp 350 ribu.

Pembina Kampung Anggrek, Hasan AM menjelaskan saat ini di tahap pertama kampungnya bisa memamerkan sekitar 500 tanaman Anggrek. Ia yang juga Ketua RW 01 ini mengungkapkan pula bahwa warga sekitar juga sudah mengetahu cara membibit dan membudidaya anggrek tersebut.

“Ya awalnya ini kan dana nya dari bantuan ke tiap kelurahan. Kita diberi program untuk penghijauan. Nah kami mikir massa hanya tanaman hias saja. Harus ada yang unik dan bisa dikembangkan lalu menghasilkan, jadilah kita membeli bibit anggrek,” tegasnya.

Di awal 2019 lalu mulailah warga merawat tanaman anggrek yang masi bibit. Kemudian mereka mulai merencanakan membuat seluruh kampung RW 01 untuk menjadi kampung dengan tanaman anggrek yang banyak.

Disinilah Kampung Anggrek mulai dibangun. Untuk mempercantik mereka pun juga mendirikan sebanyak 10 Vertical Garden. Di setiap Vertical Garden ini, anggrek yang dipasang bisa mencapai 100 buah.

“Tapi masih perlahan. Kalau semua vertical garden terisi anggrek bisa nanti jadi 1.000 tanaman anggrek. Harapan kedepan semua penuh vertical gardennya,” terang Hasan.

Ia mengatakan pula warga sekitar dibina setiap hari oleh ahli budidaya anggrek. Pembina datang dari hasil Kelurahan Gadingkasri dengan pembudidaya Anggrek di kawasan Lawang. Juga beberapa bantuan pembinaan datang dari kampus-kampus. 

Disini Kampung Anggrek akan diproyeksikan menjadi sentra budidaya anggrek di Kota Malang. Menurut Hasan, tidak hanya warga RW 01 saja yang bisa membudidayakan dan menghias kampungnya dengan tanaman anggrek.

Mereka yang berasal dari RW berbeda juga boleh mengambil bibit dari RW 01 untuk kemudian dibudidatyakan di RW nya sendiri.
“Tapi nanti kalau mau dijual dibawa kesini, di RW 01, karena disini akan kami jadikan showroomnya,” pungkas Hasan. (ica/Malangpostonline.com)

Editor : ica
Uploader : irawan
Penulis : ica
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU