Mahasiswa Demo Tolak Revisi UU KPK

  • 12-09-2019 / 17:27 WIB
  • Kategori:Malang
Mahasiswa Demo Tolak Revisi UU KPK Mahasiswa dari Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Widyagama Malang menolak revisi UU KPK di depan gedung DPRD Kota Malang.

MALANG-Puluhan mahasiswa  yang berasal dari Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Widyagama Malang melakukan aksi di depan Balai Kota Malang, Kamis (12/9). Mereka menolak revisi Undang-Undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilakukan oleh DPR RI.

 Menurut mereka, hal tersebut bisa melemahkan lembaga anti rasuah yang selama ini berhasil mengungkap berbagai kasus korupsi tersebut. Koordinator Aksi, Adithya Tri Firmansyah mengungkapkan, dalam revisi undang-undang tersebut, ada beberapa hal yang dinilai dapat melemahkan fungsi KPK. Salah satunya terkait penyadapan, penyitaan dan penggeledahan harus seizin dewan pengawas.

 “Hal tersebut jelas menghambat pemberantasan korupsi. Padahal, aktivitas penyadapan bisa mengungkap semuanya. Kualifikasi dewan pengawas pun dipertanyakan. Sebab, persyaratanya dinilai lebih rendah dibanding pimpinan KPK,” terang dia di sela-sela aksi.

Pihaknya menilai, keberadaan dewan pengawas juga dinilai menganggu independensi KPK. Bahkan, akan menimbulkan konflk kepentingan karena sangat potensial diintervensi. “Kewenangan dewan pengawas yang sangat besar juga dikhawatirkan mengganggu upaya KPK memberantas korupsi,” papar dia.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika sempat menemui perwakilan mahasiswa yang melakukan aksi demo tersebut. Mereka sudah menerima tuntutan dan siap meneruskan ke pusat. “Hari ini juga kami akan membagi hasil draft ke masing-masing partai. Dari 10 parpol, ada 8 yang memiliki perwakilan di DPR RI. Langsung kami minta untuk laporkan ke pucuk pimpinan sebagai masukan,” jelas dia.  (tea/aim/Malangpostonline.com)

Editor : aim
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU