Hingga Tengah Tahun Pasang 600 PJU Baru

  • 12-09-2019 / 18:37 WIB
  • Kategori:Malang
Hingga Tengah Tahun Pasang 600 PJU Baru

MALANG- Di pertengahan tahun 2019 ini Kota Malang sudah bisa membangun dan menata jaringan penerangan jalan umum atau Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 600 titik. Jumlah ini terpusat di 3 kecamatan yakni Kedungkandang, Klojen dan Lowokwaru.

Hal ini disampaikan Kasi Pengembangan Jaringan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kota Malang Andi Hamzah kepada Malang Post siang tadi.

“Di 2018 kita sudah memasang sebanyak 1.300 titik, di 2019 ini memang targetnya adalah 1 kecamatan bisa 300 titik terpasang PJU ataupun ditata PJU nya dengan lebih baik seperti penggantian lampu dengan LED,” tegas Andi.

Meski begitu sekitar 600 titik sudah berhasil dibangun PJU tahun ini. Andi mengatakan target yang harus dicapai pihaknya untuk “menerangkan” Kota Malang sebenarnya bukan hanya pada pendirian tiang PJU baru.

Akan tetapi juga penataan PJU. Seperti penggantian lampu konvensional dengan yang hemat energi seperti jenis Lampu Hemat Energi (LHE) dengan menggunakan LED (Light-emitting diode,red).

“Berikutnya ada di Sukun dan Blimbing,” papar Andi.

Ia menambahkan pembangunan PJU baru dan penataan lampu lainnya di dua kawasan itu sudah diusulkan dalam PAK (Perubahan Anggran Keuangan,red) 2019 ini. Dan dalam beberapa waktu kedepan akan dilelang pengerjaannya.

Menurutnya pembangunan JPU baru dengan langsung menggunakan LED akan lebih banyak dilakukan di Sukun. Sedangkan di kecamatan tengah kota seperti Klojen dan Lowokwaru hanya tinggal menata saja untuk segera ditata.

“Karena di tengah kota sebagian besar sudah LED. Karena sudah banyak diganti sejak pemerintah pusat mengimbau penggunaan LHE di seluruh daerah di 2017 lalu. Di kecamatan lain lah yang memang belum menyeluruh,” tandasnya. (ica/Malangpostonline.com)

Editor : ica
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU