Made Usulkan Rumah Terbengkalai Ijen Dijadikan Rumdin

  • 15-09-2019 / 11:33 WIB
  • Kategori:Malang
Made Usulkan Rumah Terbengkalai Ijen Dijadikan Rumdin

MALANG - Pemkot Malang harus mau menunjukan sikap tegas dan berani mengambil langkah untuk menyelamatkan rumah-rumah kuno bersejarah di Kawasan Heritage Ijen. Khususnya yang terbengkalai tanpa penghuni.

“Bisa dieksekusi lah. Jika memang undang-undang memperbolehkan, rumah yang misal sudah tidak lagi terawat dieksekusi (dibeli,red) dan dijadikan rumah-rumah dinas,” tegas Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian DK tadi.

Ia memandang rumah-rumah terbengkalai di kawasan Ijen kebanyakan masih layak untuk dihuni. Hal ini sangat sayang jika dibiarkan rusak begitu saja tanpa ada yang memperdulikan. Maka dari itu pemda dapat memfungsikannya sebagai rumah dinas pejabat Kota Malang.

Politisi PDI Perjuangan ini menganggap letak rumah dinas pejabat Kota Malang saat ini tidaklah strategis dan efisien.

“Sekarang kan malah minggir ada yang di Dieng juga. Kenapa tidak eksekusi saja rumah di Ijen daripada rusak. Kalau memang ada aturan yang membolehkan bisalah ini kita bahas,” tegas Made.

Hal ini selain mengefisienkan kerja pejabat pemda, juga menjadi upaya nyata pemda untuk menjaga dan menyelematkan benda dan bangunan sejarah di Kota Malang. Khususnya kawasan heritage Ijen yang menurut informasi hanya 20 persen dari sekitar 80 unit rumah kunonya masih memiliki bentuk bangunan asli dan utuh. (ica/Malangpostonline.com)

Editor : ica
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Guest

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU