Jembatan Muharto Akan Dipasang Penyangga

  • 08-10-2019 / 14:35 WIB
  • Kategori:Malang
Jembatan Muharto Akan Dipasang Penyangga

Malangpostonline.com - Anggota Komisi C DPRD Kota Malang bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang meninjau Jembatan Muharto, Selasa (8/10) siang. Mereka melakukan pengecekan di beberapa titik jembatan yang kondisinya cukup memprihatinkan.

Salah satunya, di bagian tengah jembatan yang kondisinya cukup parah, yakni mengalami keretakan. Bahkan, di bagian pinggir jembatan ada yang berlubang. Dalam tinjauan tersebut, pihak Komisi C dan DPUPR Kota Malang melakukan identifikasi dan menemukan beberapa opsi untuk upaya perbaikan jembatan.

Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Fathol Arifin mengungkapkan, pihaknya mendesak agar ada tindakan perbaikan yang dilakukan segera. Salah satunya, yakni dengan melakukan penyanggahan jembatan dengan alat berat.

"Ini secepatnya harus dilakukan perbaikan. Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan melakukan penyanggahan dulu.  Walau tidak menambah kekuatan, minimal bisa memperlama kekuatan jembatannya," kata dia.

Lebih lanjut, dia menguraikan, terkait penyanggah jembatan yang akan dipasang nanti akan dilakukan kajian terlebih dahulu dengan tim forensik dari Universitas Brawijaya (UB). Sebab, seperti diketahui, kondisi jembatan saat ini sudah tinggal 40 persen saja.

Pemasangan penyanggah jembatan tersebut akan dilakukan di bagian barat jembatan dengan target dua minggu. Anggaran yang digunakan sebesar Rp 5 miliar sampai Rp 10 miliar dari anggaran darurat. "Ini kami lakukan sambil menunggu perbaikan total, kemungkinan tahun 2020 atau 2021 nanti," jelas dia.

Fathol juga menegaskan, bahwa kendaraan berat yang lebih dari 3 ton dilarang keras melintas. Hal tersebut dilakukan untuk ketahanan jembatan. "Kami larang masuk sampai ada perbaikan total," tegas dia.

Selain dilakukan penyangga jembatan, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pemasangan Jembatan Bailey yang rencananya meminjam ke pusat. Pemasangannya akan lebih cepat. "Opsi kedua ini ketika benar-benar darurat. Saat ini, kami fokus untuk pembangunan penyanggah jembatan dulu," tegas dia. (tea/aim/Malangpostonline.com)

Editor : aim
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU