Sekda Kota Malang Minta Pegawai Kelurahan Maksimalkan Pelayanan

  • 10-10-2019 / 15:48 WIB
  • Kategori:Malang
Sekda Kota Malang Minta Pegawai Kelurahan Maksimalkan Pelayanan

Malangpostonline.com - Untuk menunjang program Malang Smart City, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Malang saat ini sedang fokus memperbaiki layanan. Salah satunya adalah pelayanan masyarakat di tingkat kelurahan hingga kecamatan. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto menguraikan, untuk meningkatkan pelayanan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) harus dibekali pemahaman untuk memberikan pelayanan yang terbaik, utamanya di sektor kelurahan dan kecamatan. "Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, kelurahan dan kecamatan adalah ujung tombak pelayanan. Mulai dari pelayanan publik hingga undangan acara masyarakat," jelas dia dalam acara pengarahan dan pemberian materi tentang penguatan peran kecamatan dan kelurahan dalam pelayanan kepada masyarakat di Hotel Savana, Kamis (10/10).

Pada kesempatan tersebut, Wasto meminta ASN di tingkat kelurahan dan kecamatan untuk memaksimalkan pelayanan. Jangan sampai, pelayanan terhadap masyarakat tutup sebelum waktunya. Sehingga, menghambat hak-hak masyarakat untuk mendapatkan layanan. "Kalau sampai terjadi, laporkan kepada saya. Batas pelayanan masyarakat di kelurahan itu sampai pukul 16.00 sore. Kalau tutup sebelum jam itu, laporkan saja," jelas dia. 

Dia menguraikan, setiap kelurahan dan kecamatan diwajibkan membuat untuk menbuat Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk memandu masyarakat dalam melakukan proses administrasi. "Ke depan, kami akan awasi kinerjanya. Reward and punishment juga akan diterapkan tahun depan. Ini untuk memicu kinerja mereka agar dapat poin sesuai dengan hasil kinerja," jelas dia. 

Sementara itu, Kabag Pemerintahan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Boedi Utomo menambahkan, sebagai tulang punggung yang paling dekat dengan masyarakat, Pemkot Malang berupaya untuk memberikan dukungan bagi seluruh ASN di lingkungan kelurahan. "Monitoring dan evaluasi (monev) di kecamatan sesuai dengan fungsinya. Harus dibentuk juga sebuah sistem agar potensi di kelurahan itu muncul," kata dia.

Ke depan, pihaknya akan melakukan pengawasan melakui interval waktu tertentu. Dia mencontohkan, setiap satu semester, setiap kelurahan akan dimintai laporan. "Ini kami lakukan untuk penguatan tata laksana pelayanan. Kita dorong untuk memberikan pelayanan yang terbaik," tandas dia. (tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : irawan
Penulis : tea
Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU