Tidak Lazim, Kota Malang 138 Hari Tanpa Hujan

  • 20-10-2019 / 14:15 WIB
  • Kategori:Malang
Tidak Lazim, Kota Malang 138 Hari Tanpa Hujan

Malangpostonline.com - Angin kencang bisa jadi pertanda musim hujan akan tiba. Lazimnya bulan September dan Oktober sudah menjadi bulan awal musim penghujan. Akan tetapi hingga pertengahan Oktober ini hujan tidak kunjung datang.

Tahun ini musim kemarau lebih panjang dari kemarau tahun 2018. Sejak Juni hingga Oktober 2018 ini Kota Malang mengalami Hari Tanpa Hujan (HTH) hingga total 138 hari. Dibanding tahun lalu di periode bulan yang sama, Kota Malang mengalami HTH hanya 113 hari.

Hal ini dijelaskan Analisis Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Mahfuzi beberapa saat lalu.

“Lazimnya 6 bulan hujan, 6 bulan kemarau. Sekarang 5 bulan hujan, 7 bulan kemarau,” paparnya saat dimintai penjelasan terkait kondisi iklim di Kota Malang saat ini. 

Tahun lalu, musim penghujan sudah masuk secara pasti di Bulan Oktober. Saat ini diprediksi musim hujan baru akan masuk di Bulan November. Hal ini dikatakannya sebagai salah satu dampak perubahan iklim.

Hal ini terbukti dari HTH di Kota Malang yang semakin panjang. Kemarau, lanjutnya semakin menggerus durasi yang harusnya milik penghujan. 

“Memang ada perubahan atau pergeseran iklim. Di 2018 ke 2019 pusaran HTH makin banyak. Ancaman Climate Change semakin nyata,” pungkasnya. (ica/Malangpostonline.com)

Editor : ica
Uploader : irawan
Penulis : ica
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU