Angin Kencang, Harga Ikan Laut Melonjak Drastis

  • 23-10-2019 / 12:25 WIB
  • Kategori:Malang
Angin Kencang, Harga Ikan Laut Melonjak Drastis

Malangpostonline.com - Belakangan ini, angin kencang melanda wilayah Malang Raya. Fenomena tersebut memberikan pengaruh terhadap beberapa komoditi. Salah satunya, yakni ikan laut, yang mengalami kenaikan harga yang cukup drastis.

Salah satu pedagang ikan Pasar Besar Malang, Anies mengungkapkan, selama dua minggu belakangan, ada kenaikan harga ikan yang cukup signifikan. “Stoknya juga menurun, sekitar 50 persen. Harganya juga mengalami kenaikan sekitar 20 persen, atau setara Rp 5ribu,” terang dia.

Anies merinci, untuk komoditi ikan kakap, dari harga awal Rp 50 ribu menjadi Rp 55 ribu per kilogram. Kemudian, untuk ikan kerapu, dari harga awal Rp 60 ribu menjadi Rp 65 ribu per kilogram. Sedangkan untuk ikan tengiri, dari harga Rp 75 ribu menjadi Rp 80 ribu per kilogram. Serta, ikan baracuda dari harga awal Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram. “Ini terjadi akibat angin kencang yang membuat nelayan tidak melaut. Bahkan, ada beberapa jenis ikan yang kosong. Seperti tengiri dan dorang, stoknya tidak ada,” jelas dia.

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap antusias pembeli. “Pasarnya sekarang sudah sepi dan pembelinya juga menurun,” imbuh dia.

Sementara itu, ada komoditi lain yang harganya ikut melonjak. Seperti bawang merah, yang awalnya Rp 25 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram. “Sementara, harga normal berkisar antara Rp 15 ribu per kilogram,” terang Agus Salam, pedagang peracangan di Pasar Besar Malang.

Lebih lanjut, Agus menguraikan, kenaikan harga tersebut terjadi sekitar 10 hari belakangan ini. Seain bawang merah, cabai merah besar juga mengalami kenaikan, dari harga awal Rp 25 ribu menjadi Rp 35 ribu. “Ini terjadi akibat musim pancaroba. Bisa terus berpotensi mengalami kenaikan harga setiap harinya,” ujar dia.

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap kualitas barang. Kedua komoditi tersebut tidak segar dan cenderung menyusut. “Barangnya jelek-jelek akibat pancaroba,” lanjut dia.

Berdasarkan pantauan Malang Post, selain ikan, bawang merah dan cabai merah besar, komoditi daging ayam mengalami kenaikan juga, dari harga awal Rp 32 ribu menjadi Rp 35 ribu,” tandas dia.(tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU