Ke Provinsi, Dewan Minta MCC Dirombak

  • 15-11-2019 / 18:18 WIB
  • Kategori:Malang
Ke Provinsi, Dewan Minta MCC Dirombak

Malangpostonline.com - Pekan depan, tepatnya hari Senin (18/11) DPRD Kota Malang akan menghadap Pemerintah Provinsi Jatim untuk menekan anggaran Malang Creative Center (MCC). Caranya menghadap bagian keuangan untuk membahas penurunan budget. 

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika. Ia menjelaskan hal ini merupakan upaya menekan anggaran yang dianggap legislatif masih bisa ditekan. 

“Selain kita akan membahasa soal single dan multi years dalam pengerjaan MCC. Kita akan mengupayakan agar MCC tidak sampai 8 lantai. Agar budgetnya bisa berkurang,” papar Made. 

Saat ditanya apa yang mendorong DPRD Kota Malang hendak melakukan hal tersebut padahal APBD  sudah didok untuk MCC, Made mengatakan hal ini dikarenakan Detail Engineering Design (DED) MCC belumlah selesai.

Ini diketahuinya berdasarkan sebuah fakta bahwa anggaran MCC yang awalnya Rp 185 M diajukan Pemkot Malang dapat dirubah dan disepakati kembali sebesar Rp 125 M oleh Pemkot. 

“Ya saya baru tahu ternyata DED memang belum selesai. Makanya Pemkot bisa mempaskan anggaran tidak Rp 185 M. Jadinya Rp 125 M. Artinya kita masih bisa merubah lagi dan menekan budget. Tapi ini kita konsul dulu,” tegas Politisi PDI Perjuangan ini. 

Made menerangkan bahwa urgensi pembangunan MCC sebanyak 8 lantai tidaklah masuk akal. Ia memandang bahwa satu hingga 3 lantai saja cukup. 

Ini juga diperkuat karena dalam setiap paparan tim Pemkot Malang ke hadapan anggota dewan belum dijelaskan gamblang fungsi-fungsi ruangan MCC per lantai. Inilah mengapa legislatif berpikir bahwa masih banyak yang bisa dipertimbangkan untuk dirubah dari desain awal MCC ini. 

“Upaya kita memang itu merombak total. Urgensi dan fungsinya apa sampai 8 lantai? Nanti yang mengelola siapa sampai 8 lantai? Saat kita tanya dijawab saat selesai gedung baru bahas pengelolaannya. Ya ga bisa gitu lah, perencanaannya lemah kalau seperti itu,” tegas pria asal Pulau Dewata Bali ini. 

Ia menambahkan segala usulan dan rencana yang dijelaskannya soal MCC ini merupakan hasil konsultasi dengan Kemendagri pada Senin (11/11) lalu. Ia bersama dengan ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Malang melakukan konsultasi ini. 

Made juga meminta pertimbangan dan konsultasi apakah anggaran MCC yang begitu besar dapat dimanfaatkan pada proyek lain yang lebih urgent. 

“Saya jelaskan ada untuk perbaikan Jembatan Muharto juga perbaikan gedung Ramayana. Ini saya konsulkan semua,” pungkasnya. (ica)

Editor : ica
Uploader : irawan
Penulis : ica
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU