Kota Malang Sabet Penghargaan Pembina Proklim Terbaik se-Indonesia

  • 17-11-2019 / 15:55 WIB
  • Kategori:Malang
Kota Malang Sabet Penghargaan Pembina Proklim Terbaik se-Indonesia TAMBAH PRESTASI: Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto bersama perwakilan warga menerima penghargaan Proklim 2019

Malangpostonline.com - Kota Malang kembali mencetak prestasi. Kota yang memiliki julukan sebagai kota kreatif ini meraih penghargaan sebagai Pembina program kampung iklim (Proklim) terbaik se-Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto dalam acara peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2019 di UB Forest, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Sabtu (17/11).

Penghargaan tersebut diberikan kepada Wali Kota Malang, Sutiaji karena komitmen dan peran aktifnya dalam upaya penurunan emisi low carbon. Selain itu, tujuh kampung di Kota Malang juga menyabet penghargaan sebagai lingkungan Proklim terbaik kategori utama. Tujuh kampung itu adalah RW 05 Kelurahan Sukun, RW 03 Kelurahan Sukun, Kelurahan Pisang Candi, RW 03 Kelurahan Rampal Ceilaket serta RW 04 Kelurahan Rampal Celaket, dan satu penghargaan tingkat Madya diterima RW 01 Kelurahan Kidul Dalem.

Dalam sambutannya, Khofifah menitipkan satu program khusus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program tersebut bertajuk ‘Kecil Menanam Dewasa Memanen’.elalui program itu, ia meminta para orangtua menumbuhkan virus cinta kepada alam kepada anak-anak sejak dini. Diantaranya, dengan membangun budaya tanam (minimal) 25 kali selama hidup, yakni 5 (lima) saat di SD, 5 (lima) saat di SMP, 5 (lima) kala SMA, 5 (lima) kala di Perguruan Tinggi dan pada masa nikah diharapkan 5 (lima) kali tanam. 

"Kalau ini digerakkan secara massif, bisa dibayangkan betapa bagusnya ekosistem dan daya lingkungan kita,” jelas dia. 

Orang nomor satu di Jawa Timur itu menambahkan, rasa cinta terhadap puspa dan satwa juga mesti dipupuk dengan semangat pengembangbiakkan. Untuk itu, ia mengajak para akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi untuk bahu membahu menyusun program strategis. 

“Mari menghimpun, membudidayakan dan terus mengembangkan kekayaan puspa dan satwa nusantara termasuk di Jawa Timur,” kata dia. 

Pada kesempatan tersebut, Khofifah juga meresmikan Zona Konservasi Kehati Jatim Cettar yang berlokasi di UB Forest. Selain Kota Malang, ada 34 kelurahan di kota lain yang meraih penghargaan Proklim kategori Utama dan 5 (lima) kampung untuk kategori Madya. (tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : irawan
Penulis : tea
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU