Semarak Tropicolour Walk 2019

Serunya Literasi Keuangan di Rampal

  • 18-11-2019 / 08:17 WIB
  • Kategori:Malang
Serunya Literasi Keuangan di Rampal MENARIK: Ribuan warga dan insan perbankan ramaikan Tropicolour Walk 2019 dengan taburan serbuk holy. Ini merupakan salah satu bentuk literasi keuangan yang dikemas menarik dan semarak.

Malangpostonline.com - Tropicolour Walk 2019 menyulap Lapangan Rampal jadi warna -warni serbuk holy, Minggu (17/11) kemarin. Event yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang kerja bareng Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Malang ini mengajak masyarakat tingkatkan literasi keuangan dengan cara seru.

Serbuk holy warna kuning, hijau, biru, kuning, merah, dan ungu bertabur mewarnai kostum yang digunakan ribuan peserta  Tropicolour Walk 2019. Bubuk aneka warna itu ditaburkan Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri, Ketua  FKIJK  Malang Wiwi Suprihatno, Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Azka Subhan, ketua panitia Tropicolour Walk 2019 Samsul Anam, dan sejumlah pimpinan instansi keuangan perbankan dan non perbankan di Malang.  

Danrem 083/BDJ Kol. Inf. Zainuddin, Wawali Kota Malang Ir.H. Sofyan Edi Jarwoko dan  Sekda Kota Malang Drs. Wasto juga hadir dalam kegiatan ini.

Peserta dari beragam latar belakang itu  lalu diajak jalan sehat warna-warni mengelilingi kawasan sekitar Lapangan Rampal. Setelah itu mengikuti zumba party hingga kuis ranking 1 yang menantang peserta meningkatkan pengetahuan inklusi keuangan dengan cara seru. Kemudian warga juga bisa mengikuti kompetisi foto on the spot, dan vlog bertemakan ajakan  untuk meningkatkan literasi keuangan. Taglinenya, ‘ayo ke bank’, ‘ayo menabung’, ‘ayo investasi reksadana’. Ini merupakan cara mengajak generasi milenial paham tentang inklusi keuangan.

Ribuan warga pun tumpah ruah di  bazar keuangan yang diikuti 163 lembaga jasa keuangan bank dan non perbankan legal di Malang.  Selain meningkatkan pengetahuan tentang literasi inklusi keuangan, mereka juga bisa langsung closing produk keuangan sesuai kebutuhan.Tak hanya itu, hiburan menarik seperti tarian dan sejumlah penyanyi dangdut bikin suasana Lapangan Rampal makin semarak.

Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri mengatakan, Tropicolour Walk 2019 merupakan

kegiatan inklusi keuangan ketiga sejak diadakan pertama kali pada tahun 2016 lalu. Ini merupakan upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terkait dengan pemanfaatan produk keuangan legal.

“Terdapat 30 persen masyarakat yang kurang paham tentang inklusi keuangan, masih terdapat peluang bagi kita untuk meningkatkan itu. Tujuannya meningkatkan daya beli, yang kemudian seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Selain bisa mengakses produk keuangan secara langsung pada seluruh lembaga keuangan yang ada di bazar keuangan, masyarakat juga bisa mengikuti kompetisi. Tujuannya untuk meningkatkan literasi keuangan.

Kegiatan inklusi keuangan dilakukan secara nasional sejak Oktober lalu dalam rangka memperingati Hari Menabung Nasional. Ketua FKIJK Malang Wiwi Suprihatno mengajak warga agar semakin rasional dalam memilih beragam produk keuangan perbankan. “ Melalui kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Inklusi Keuangan ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk  tidak mudah terjebak pada kegiatan keuangan non legal,” jelasnya.

Sementara itu melalui Tropicolour Walk 2019, OJK Malang dan FKIJK Malang juga menandatangani MoU dengan Dinas Pendidikan Kota Malang. Yakni untuk mewujudkan jargon one student one account bagi seluruh pelajar di Kota Malang.

“Penandatanganan MoU ini upaya mengajak para siswa agar gemar menabung, dengan mengenalkan produk keuangan simpanan pelajar (Simpel),” kata dia. 

Wawali Kota Malang Ir.H. Sofyan Edi Jarwoko mengatakan, masyarakat harus bisa memanfaatkan event Tropicolour Walk 2019 sebaik-baiknya. Sebab, seluruh lembaga jasa keuangan legal dan non legal, baik perbankan maupun non perbankan semuanya tersedia di Lapangan Rampal.

"Lewat kesempatan ini bisa menambah pengetahuan. Jangan mudah tergiur dengan keuntungan dan bunga yang tidak logis," imbaunya.

Akhir kegiatan menarik ini ditandai dengan bagi-bagi hadiah. Ratusan hadiah menarik  disiapkan panitia. Pada puncak acara, warga yang hadir berkesempatan mendapat doorprize utama yakni dua unit sepeda motor.

Sementara itu pemenang foto on the spot Tropicolour Walk 2019 adalah akun @haulazhrf, @kugeljgr.id, @mlqbalimages. Sedangkan pemenag lomba vlog inklusi keuangan Tropicolour Walk 2019 yakni @pratla, @alikhemal, dan @ameldasiftia. (asa/van/Malangpostonline.com)

Editor : van
Uploader : irawan
Penulis : asa
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU