Jalan Masuk Sempit, Puskesmas Bareng Minta Pindah Tempat

  • 19-11-2019 / 17:57 WIB
  • Kategori:Malang
Jalan Masuk Sempit, Puskesmas Bareng Minta Pindah Tempat Akses jalan yang sempit menuju Puskesmas Bareng kerap menyebabkan ambulance susah masuk

Malangpostonline.com - Akses jalan yang tidak representatif menuju puskesmas menjadi kendala besar dialami Puskesmas Bareng beberapa tahun lamanya. Puskesmas ini berada di tengah perkampungan Kelurahan Bareng sehingga kerap ambulance atau kendaraan pengantar pasien tidak dapat masuk kedalam. 

Kondisi bangunan puskesmas yang berada di Jl Bareng Tenes ini berada di tengah-tengah rumah warga dan harus melewati gang sempit. Dua kendaraan sepeda motor saja harus masuk pelan-pelan dari dua arah jika ada di satu jalur. 

Menurut pantauan Malang Post siang tadi belasan kendaraan bermotor pasien pun terlihat terparkir di samping kiri kanan area rumah warga dan Puskesmas. Dipastikan kendaraan roda empat tidak memungkinkan untuk memasuki area ini.

Kepala Puskesmas Bareng, dr Herlin Kisworini membenarkan jika askes roda empat tidak bisa memasuki area Puskesmas. Padahal jika ada pasien yang harus dirujuk akan memerlukan ambulance, dan hal itu menghambat pelayanan kesehatan Puskesmas.

"Jadi akses roda 4 itu nggak bisa masuk, keselamatan pasien kan juga terancam kalau tidak bisa bawa kendaraan roda 4 itu. Misalnya mau evakuasi pasien, ambulance kan nggak bisa, sehingga kita harus pakai tandu untuk membawa pasien, dan pernah terjadi terjatuh," ujarnya tadi saat ditemui di Balai Kota Malang.

Sementara itu permohonan relokasi tersebut masih dalam tahap kajian bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Menurutnya, sebagai bidang yang melayani kesehatan di masyarakat, keselamatan pasien juga diutamakan. Karenanya, relokasi tempat diharapkan dapat segera dilakukan.

Terlebih, area Puskesmas Bareng sendiri yang berada di tengah perkampungan juga masih dirasa jauh dari standart ketentuan pelayanan kesehatan. Yang diibaratkan layaknya rumah sakit, tertata dan aksesnya lebih menjangkau pasien.

Menanggapi hal ini Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Drs Sumarjono telah menerima usulan tersebut untuk dipertimbangkan dan dicarikan solusinya.

“Kita sudah ada beberapa lokasi yang bisa digunakan untuk jadi tempat baru Puskesmas Bareng. Satu di RW 1 Bareng satu lagi dekat kawasan Kasin. Tapi masih kita tinjau lagi, mungkin ada tempat yang punya aset pemda yang bisa digunakan,” tegasnya.

Ia menegaskan anggaran untuk pemindahan puskesmas ini baru dapat diusulkan di 2021 mendatang. Dan akan menjadi perhatian kedepan. (ica/Malangpostonline.com)

Editor : ica
Uploader : irawan
Penulis : ica
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU