Pelanggar Lalu Lintas Mulai Ambil BB Tilang

  • 19-11-2019 / 18:25 WIB
  • Kategori:Malang
Pelanggar Lalu Lintas Mulai Ambil BB Tilang RAMAI: masyarajat mengambil BB tilang di kejaksaan. 

Malangpostonline.com - Operasi Zebra Semeru 2019 telah berakhir. Saat ini, ribuan pelanggar lalu lintas melakukan sidang pengambilan tilang di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang. 

Sebanyak 2.300 pelanggar dijadwalkan mengambil barang bukti tilang. Berdasarkan data minggu lalu, sebanyak 1.591 pelanggar sudah membayarkan bukti tilang dan mampu menyumbang kas negara hingga Rp 142 juta. Sementara, pendapatan pekan ini masih dalam penghitungan.

“Pemgambilan barang bukti dilakukan setiap hari ketika jam kerja,” terang Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Kota Malang, Wahyu Hidayatullah. 

Dia menjelaskan, denda yang dikenakan kepada para pelanggar juga bermacam-macam. Beberapa diantaranya, ada yang dikenakan satu sampai dua pasal pelanggaran. Sehingga dendanyapun juga beragam berkisar antara Rp 100 ribu sampai Rp 250 ribu.

"Uang denda tersebut langsung masuk rekening khusus negara. Sebab hal tersebut merupakan  Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP)," papar dia.

Wahyu menjelaskan, mayoritas pelanggar adalah pengendara roda dua. “Barang bukti yang banyak diserahkan rata-rata adalah STNK disusul dengan SIM,” ujar dia. 

Pada kesempatan tersebut, dia menambahkan, bagi para pelanggar yang diluar kota maupun tak bisa hadir dalam pengambilan bisa melakukan pembayaran denda melalui PT Pos. “Selanjutnya barang bukti tilang akan dikirimkan pihak Pos dengan biaya jasa pengiriman Rp 15 ribu,” tandas dia. (tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : irawan
Penulis : tea
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU