Pasar Mergan Lebih Bersih Usai Direnovasi

  • 19-11-2019 / 20:05 WIB
  • Kategori:Malang
Pasar Mergan Lebih Bersih Usai Direnovasi

Malangpostonline.com – Pasar Mergan memiliki wajah baru, lebih bersih dan tidak lagi kumuh. Aktivitas dagang pada bedak yang direnovasi juga sudah mulai kembali beroperasi sejak Senin (18/11) lalu. Sedikitnya ada 35 bedak di bagian tengah dari total 260 lapak Pasar Mergan sudah menggunakan bangunan baru lengkap dengan rolling door.

Kepala Pengelola Pasar Mergan, Subaedi, mengatakan, pembangunan puluhan bedak ini menggunakan angaran senilai Rp 1.4 miliar dan berhasil direalisasikan untuk renovasi 35 bedak serta renovasi kantor Pasar Mergan Kota Malang menjadi lebih layak.

“Harapannya dengan tampilan baru Pasar Mergan yang lebih bagus dapat megangkat ekonomi kerakyatan seperti yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo, sekaligus menguatkan kembali minat beli masyarakat di pasar ini,” ujar Ubed, sapaan akrabnya.

Dikatakannya renovasi Pasar Mergan di bagian tengah ini sudah berjalan sejak tiga bulan lalu dan November ini hampir rampung pengerjaannya. Para pedagang yang bedaknya dibangun juga telah kembali menjajakan dagangannya sejak Senin (18/11) lalu.

Renovasi ini diharapkan pula mampu merubah mindset masyarakat yang selama ini menilai pasar tradisional itu kumuh, becek dan bau menjadi lebih friendly serta bisa kembali berbelanja di sini. Meski tidak sepenuhnya mampu bersaing dengan retail modern namun dengan tampilan baru yang lebih bersih secara tidak langsung juga akan memberikan kenyamanan bagi warga saat berbelanja.

“Pasar Mergan bagian selatan beberapa waktu lalu hampir jebol, kami sudah mengajukan perbaikan tetapi masih belum disetujui karena terlalu mendadak,” papar laki-laki yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Pengelola Pasar Induk Gadang selama enam tahun ini.

Selain itu, agar tampilan Pasar Mergan lebih fresh Ubed juga mengimbau pemilik bedak untuk mengecat dinding dengan warna-warna terang seperti biru dan hijau. (lin/Malangpostonline.com)

Editor : lin
Uploader : slatem
Penulis : lin
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU