Koperasi SBW Segera Ekspansi Usaha Retail dan Properti

  • 21-11-2019 / 18:34 WIB
  • Kategori:Malang
Koperasi SBW Segera Ekspansi Usaha Retail dan Properti

Malangpostonline.com - Berupaya wujudkan usulan pengembangan usaha dari para anggota Koperasi Setia Budi Wanita akan ekspansi usaha retail dan properti. Hal tersebut disampaikan pada Rapat Anggota yang membahas rencana kerja anggaran dan pendapatan belanja tahun 2020 di Gedung Koperasi SBW Kota Malang, Kamis (21/11).

"Permintaan mereka (para anggota) kami susun dalam rencana kerja, jadi untuk retail dan properti itu juga dari usulan mereka," kata Ketua Koperasi SBW, Sri Untari pada awak media.

Menurutnya, sampai dengan Oktober lalu, Koperasi SBW dinilai berjalan lancar. Lantaran sudah hampir mencapai target omset yang sudah ditentukan. Dari sisi omset, hanya Koperasi SBW hanya kurang 1 persen saja untuk mencapai target. Sedang untuk target peningkatan anggota sudah jauh melampaui target yang telah ditentukan.

"Kurang 1 persen untuk target 2019 yakni sebesar Rp 130 milyar, jadi kurang sedikit. Kalau target anggota bahkan jauh melampau. Target 600 yang masuk 1000," katanya.

Maka dari itu, berkat pencapaian tersebut, Koperasi SBW optimis untuk mewujudkan ekspansi usaha. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keuntungan yang berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan dari para anggotanya. Seperti yang diketahui, anggota Koperasi SWB sendiri hingga kini sudah mencapai 9700 anggota.

"Koperasi kami ini basisnya anggota atau member based, jadi bukan Capital based yang berbasiskan modal. Kekuatan kami ada pada anggota koperasi," tandasnya.

Dijelaskan olehnya, meskipun setiap anggota hanya menyimpan uang dalam skala kecil, namun hal tersebut menjadi kekuatan tersendiri. Lantaran jumlahnya yang berkali-kali lipat. Belum lagi banyak anggota yang menyimpan dana berjangka. Hal tersebutlah yang menjadi faktor utama kemajuan Koperasi SBW.

"Kunci keberlangsungan koperasi kita juga ada pada modal sosial yang kuat antar anggota. Jadi kami berikan pemahaman, bahwa koperasi adalah milik kita bersama. Sehingga partisipasinya semakin tinggi," ujar dia.

Lebih lanjut, dijelaskan olehnya bahwa anak usaha retail yang akan dikembangkan adalah   model retail kerakyatan, bukan retail modern.

Sementara itu, Ketua Dekopinwil Jatim Tri Harsono menyambut baik wacana Koperasi SBW untuk merintis usaha properti. Namun demikian, ia menyarankan agar upaya tersebut dimulai dengan skala kecil terlebih dahulu.

"Diupayakan ada anggota dulu yang pesan, baru dibangun. Karena usaha properti itu tidak mudah, persaingannya sangat ketat dengan berbagai developer yang sudah besar," tandasnya.(asa/Malangpostonline.com)

Editor : asa
Uploader : slatem
Penulis : asa
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU