Leo Jabat Kapolresta Malang

Sejumlah Kecamatan Kabupaten Bakal Bergabung

  • 29-11-2019 / 08:14 WIB
  • Kategori:Malang
Sejumlah Kecamatan Kabupaten Bakal Bergabung RESMI BERGANTI: Kapolda Jawa Timur, Irjen Luki Hermawan yang memimpin sertijab Kapolresta Malang Kota, bersama AKBP Leonardus Harapantua Simarmata Permata, AKBP Dony Alexander dan Pemred Malang Post, Kamis (28/11).

Malangpostonline.com - Jabatan Kapolresta Malang Kota resmi berganti, Kamis (28/11). Mantan Waka Polrestabes Surabaya, AKBP Leonardus Harapantua Simarmata Permata resmi menggantikan jabatan AKBP Dony Alexander yang akan menjabat sebagai Kapolres Pasuruan Kota. Sebagai Kapolres baru, Leo sapaan akrabnya, mengawal rencana bergabungnya sejumlah kecamatan di Kabupaten Malang ke Polresta Malang.

Ya, sejumlah kecamatan akan bergabung. Menurut Kapolda Jawa Timur, Irjen Luki Hermawan, detail daerah mana yang bergabung secara hukum dengan Polresta Kota Malang, belum dibahas. Namun diperkirakan Lawang dan Singosari. Setidaknya ada 14 polres di seluruh Indonesia yang mengalami peningkatan status. Di mana, dua di antaranya ada di wilayah Jawa Timur, yakni Polresta Banyuwangi dan Polresta Malang Kota.

“Tahun depan, akan diajukan Malang Kabupaten, Jember, Tuban dan Gresik,” tegas dia.

Perubahan tersebut harus melalui penilaian-penilaian yang cukup panjang. Mulai dari aspek jumlah penduduk, aktivitas penduduk, perputaran ekonomi, tingkat kriminalitas dan masih banyak lagi. “Untuk itu, ada penyesuaian terhadap anggota organisasi. Dengan adanya perubahan tipe, tantangan akan semakin berat,” kata dia.

Dengan adanya perubahan tipe tersebut, lanjut dia, tentunya juga akan memberikan dampak dan tanggung jawab yang cukup berat. Sehingga, para anggota yang ada harus meningkatkan kinerja sesuai dengan tuntutan masyarakat.

“Nanti, akan ada penambahan personel yang sedang disusun oleh bidang SDM. Selain itu, juga ada tambahan peralatan untuk menunjang tugas-tugas yang ada,” kata Luki.

Terkait perluasan wilayah, Luki masih belum memberikan komentar lebih banyak. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan jumlah kawasan di wilayah hukum Polresta Malang Kota.

“Tidak menutup kemungkinan, wilayah Kabupaten yang dekat dengan Kota Malang akan diambil. Seperti Singosari dan Lawang. Nanti akan bicarakan lebih lanjut,” tegass Luki.

Sementara itu, rangkaian serah terima jabatan tersebut diadakan di Halaman Polres Malang Kota yang langsung dipimpin oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Luki Hermawan. Selama prosesi acara berlangsung begitu khidmat.

“Saya berharap kepada pejabat baru bisa menjalankan tugas dengan baik. Serta, bisa menjalin sinergitas dan komunikasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang lain,” tegas Luki.

Penyegaran organisasi tersebut dilakukan seiring sejalan dengan perubahan tipe markas kepolisian tersebut. Polres Malang Kota resmi dikukuhkan menjadi Polresta Malang Kota. Pengukuhan tersebut dilakukan berdasarkan keputusan Kapolri Nomor: KEP/1893/X/2019 tanggal 2 Oktober 2019.

Sementara itu, AKBP Leonardus Harapantua Simarmata Permata menambahkan, dalam mengemban tugas barunya, ia ingin melanjutkan berbagai program yang sudah dilakukan oleh pejabat sebelumnya.

“Serta, meningkatkan sinergitas dengan tiga pilar, yakni TNI dan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dan stakeholder lainnya,” ujar mantan Kapolres Batu itu.

Selain itu, pihaknya juga akan membidik beberapa potensi kerawanan kasus kriminal lainnya. Mulai dari pencurian kendaraan bermotor (curanmor), kejahatan jalanan dan lainnya. “Seperti diketahui, Malang Raya merupakan salah satu destinasi wisata. Kami akan memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang berkunjung kesini, baik kunjungan kerja maupun kunjungan wisata,” lanjut dia.

Terkait kerawanan peredaran narkoba di Kota Pendidikan, pria kelahiran Pangkalanbrandan, Sumatera Utara ini akan menyusun strategi pencegahan yang akan dimulai dari lingkungan kampus dan keluarga.

“Kami juga akan melakukan penegakan hukum dan bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang,” tandas dia.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji mengucapkan terima kasih atas pengukuhan Polresta Malang Kota yang sudah diajukan sejak lama. Dengan adanya perubahan tersebut, pihaknya berharap, kewaspadaan bisa terus dikuatkan.

“Sehingga, kebersamaan bisa berjalan dengan baik dan membuat suasana Kota Malang semakin kondusif. Mudah-mudahan ini menjadi perhatian dan menjadi lebih baik lagi,” imbuh dia. (tea/ary/Malangpostonline.com )

Editor :
Uploader : irawan
Penulis : tea
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU