Amankan Nataru, Polisi Jamin Tak Ada Sweeping Ormas

  • 04-12-2019 / 14:29 WIB
  • Kategori:Malang
Amankan Nataru, Polisi Jamin Tak Ada Sweeping Ormas Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Harapantua Simarmata Permata

Malangpostonline.com - Menyambut liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), pihak kepolisian sudah bersiap melakukan pengamanan. Dalam waktu dekat, mereka akan menggelar Operasi Lilin dengan melibatkan tiga pilar. Selain itu, untuk menjaga kondusifitas, polisi juga menjamin tidak akan ada sweeping yang dilakukan oleh ormas tertentu.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Harapantua Simarmata Pernata mengungkapkan, untuk mengamankan situasi Nataru, pihaknya akan bersinergi dengan jajaran TNI dan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

"Tiga pilar akan bersama-sama mengawal liburan Natal hingga proses pergantian tahun. Kami akan memaksimalkan pengamanan agar masyarakat nyaman," terang dia.

Selain melakukan operasi pengamanan, pihak kepolisian juga menjamin bahwa tidak akan ada sweeping. "Kami sudah berkoordinasi dengan tiga pilar. Kami sepakat untuk tidak mengizinkan siapalun melakukan kegiatan di luar ketentuan hukum," tegas Leo.

Jika memang ada yang melanggar aturan tersebut, Leo menegaskan bahwa dirinya tidak akan segan-segan memberikan tindak tegas. "Kalau masih ada yang mencoba-coba melakukan hal seperti itu, mohon maaf, kami akan melakukan tindakan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," lanjut dia.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan langkah antisipasi terhadap tindakan radikalisme dan terorisme. Baik di tempat ibadah maupun tempat umum lainnya. "Kami akan menjamin siapapun yang tinggal di Kota Malang terjamin hak-haknya dan nyaman melakukan aktivitas," papar dia.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji menambahkan, selama ini, di Kota Malang tidak pernah terjadi sweeping. "Sehingga, tidak usah ada kekhawatiran dari siapapun. Kota Malang itu mengutamakan kerukunan antar umat beragama," papar pria berkacamata itu.

Dia menambahkan, pihaknya akan berkelliling ke beberapa gereja untuk memastikan keamanan masyarakat. "Ini akan kami lakukan sebekum dan sesudah perayaan Natal. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir," tandas dia.(tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : irawan
Penulis : tea
Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU