Ingin Punya Foto Bagus, Ini Tips dari Arbain Rambey

  • 11-12-2019 / 13:36 WIB
  • Kategori:Malang
Ingin Punya Foto Bagus, Ini Tips dari Arbain Rambey

Malangpostonline.com - Fotografi saat ini sudah menjadi hal yang bisa di lakukan oleh semua orang. Dengan menggunakan gawai ataupun kamera profesional. Arbain Rambey, Fotografer Senior Jurnalistik memberi beberapa tips untuk bisa membuat foto menjadi lebih menarik dalam acara Workshop Fotografi Danone Bidik Nutrisi di Toko Oen, Malang. 

Arbain, panggilan akrabnya, mengatakan dalam memotret Human Interest, harus bisa mengemasnya dengan baik. "Kita membingkainya harus menarik. Foto Human Interest itu hakikatnya memotret manusia senang melihat manusia lain. Jadi dalam foto jurnalistik, apakah bisa kita mensetting foto? Bisa. Asalkan apakah itu masuk akal atau tidak. Sah atau tidak sah," Ujar Arbain. 

Selain itu, kata Arbain, melihat foto orang lain bisa memperkaya ide foto yang bisa digunakan untuk ide foto seorang fotografer. "Pengulangan ide itu bukan hal yang tabu. Sering kita melihat foto seorang fotografer, mirip konsepnya dengan fotografer lainnya. Jadi ketikan melihat foto bagus jangan hanya kagum tapi resapi. Bisa kita ambil ide fotonya dan kita presentasikan lebih menarik lagi," lanjutnya. 

Namun yang bisa membuat foto jurnalistik Human Interest lebih "hidup" adalah pemahaman masalah. Ia mencontohkan dalam mencari foto tentang mudik, seorang fotografer harus mempunyai bayangan foto sebelum ia mengambil gambar. "Foto Jurnalistik itu foto yang dirancang. Kita tahu masalahnya apa. Setelah itu kita pikirkan, nanti akan ambil foto dimana," ucap pria kelahiran Semarang tersebut. 

Tak berhenti sampai situ,  moment juga membuat suatu foto itu menarik. Dalam satu foto dengan objek yang bisa membedakan suatu foto itu unik adalah moment. "Jadi kejarlah moment itu sampai dapat. Terkadang suatu moment datang di akhir, bisa juga di awal," tutup fotografer yang di nobatkan Fotografer sepanjang masa Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2019. (fir/Malangpostonline.com)

Editor : Firman
Uploader : irawan
Penulis : Firman
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU