Koperasi SBW Tingkatkan Potensi Perempuan Mandiri

  • 30-12-2019 / 14:22 WIB
  • Kategori:Malang
Koperasi SBW Tingkatkan Potensi Perempuan Mandiri Suasana HUT Ke 42 Koperasi SBW Malang

Malangpostonline.com - Memasuki usia ke-42, Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Malang mempunyai visi lebih maju menghadap tantangan koperasi kedepan. Salah satunya meningkatkan potensi dan kemampuan perempuan. 

Hal itu sesuai dengan tema HUT ke – 42 Koperasi SBW Malang, yakni “Dengan Gotong Royong Kita Tingkatkan Kemampuan Perempuan” seluruh anggota koperasi yang kesemuanya adalah kaum hawa ini menunjukan kemampuan mereka untuk mandiri. 

Ketua I Koperasi SBW Dra Rini Sukeningsih, MM menjelaskan bukti kekuatan perempuan dalam mengelola sistem keuangan dapat dibuktikan dengan berkembangnya Koperasi SBW hingga saat ini memiliki ribuan anggota dan miliaran aset.

“Saat ini anggota koperasi SWB sudah 9.434 orang dengan total aset senilai Rp 107 miliar,” paparnya saat ditemui di sela kegiatan HUT Ke-42 Koperasi SBW Malang di Kantor SBW Malang Jalan Raden Intan Blimbing Kota Malang. 

 

Beberapa prestasi juga sudah ditorehkan SBW Malang selama beberapa tahun terakhir antara lain, masuk dalam 100 besar koperasi Indonesia versi Majalah PIP dan Dekopin dari Kementrian Koperasi dan UKM Tahun 2015, Koperasi Berprestasi dari Kementrian Koperasi dan UKM tahun 2017, Koperasi Konsumen Perigkat I dari Gubernur Provinsi Jatim Tahun 2017, hingga Koperasi dengan Filosofi Terbaik. 

Dengan inilah seluruh anggota Koperasi SBW Malang diharapkan juga dapat meningkatkan kualitas. Karena dengan itulah kesejahteraan anggota juga akan meningkat.

“Kami melakukan banyak kegiatan untuk meningkatkan kualitas anggota, mulai dari sisi religius seperti pengajian dan doa bersama. Sampai pada pelatihan-pelatihan, seperti pelatihan manajemen keuangan, memasak, batik dan banyak lainnya,” tegas Rini.

Tidak hanya itu, dari 9 ribuan anggota yang dimiliki, Koperasi SBW Malang juga membentuk kelompok-kelompok kecil anggota yang jumlahnya 300 kelompok. Dengan strategi ini evaluasi, monitoring dan transfer ilmu pada anggota bisa lebih tersentral dan menyeluruh.

Hal ini juga yang menjadi mandat Ketua Umum Koperasi SBW Sri Untari Bisowarno yang tidak berkesempatan hadir dalam HUT Ke- 42 Koperasi SBW Malang, Senin (30/12).

“Permintaan Ketua Umum pun begitu kita diminta untuk tetap kompak dan dapat mengembangkan potensi masing-masing. Sehingga bisa jadi motivator Kopwan (koperasi wanita) lainnya di Indonesia,” tandas Rini.

Kegiatan HUT Ke-42 Koperasi SBW Malang tadi siang dirayakan sederhana tapi gayeng. Karena memberikan kesempatan anggota untuk berkompetisi dengan santai seperti Lomba membuat Tumpeng, Lomba Make Up hingga dihadirkan Bazar UKM. (ica/aim/Malangpostonline.com)

Editor : aim
Uploader : irawan
Penulis : ica
Fotografer : ica

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU