PMI Beri Penghargaan Pendonor Darah 50 Kali

  • 30-12-2019 / 14:43 WIB
  • Kategori:Malang
PMI Beri Penghargaan Pendonor Darah 50 Kali Pemberian penghargaan simbolis bagi 64 pendonor darah asal Kota Malang, Senin (30/12) di Santika Hotel.

Malangpostonline.com - 64 pendonor darah mendapat penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) di Hotel Santika Kota Malang, Senin (30/12). Penghargaan tersebut diberikan kepada mereka yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 50 kali.

Mereka diberi penghargaan berupa sertifikat dan pin dari PMI Kota Malang yang diberikan Ketua PMI Kota Malang, Bambang Priyo Utomo dan Wali Kota Malang, Sutiaji. Bambang menyampaikan, penghargaan dilakukan rutin setiap tahun. PMI memberikan penghargaan mulai yang mendonorkan sebanyak 10 kali, 25 kali, 50 kali, 75 kali dan 100 kali.

"Kalau 75 kali dan 100 kali kami beri emas, seperti cincin. Biasanya yang memberikan langsung Gubenur dan Presiden," ucapnya menjelaskan pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi daerah juga negara pada pendonor darah.

Rencananya, lanjut Bambang pada Januari 2020, PMI pusat juga akan memberikan penghargaan kepada pendonor yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 100 kali. PMI Kota Malang kini sedang mendata, jumlah pendonor di Kota Malang yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 100 kali.

Salah satu pendonor yang telah menerima penghargaan, Anthony L Soejono tak menyangka bahwa dirinya akan mendapatkan penghargaan ini.

"Saya tak menyangka, tiba-tiba saja dihubungi kalau mau menerima penghargaan," ucapnya.

Warga Sukun, Kota Malang ini mengaku, bahwa dirinya sudah dari tahun 1999 telah rutin mendonorkan darahnya. Hal tersebut dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan dirinya, karena sewaktu muda dulu ia berprofesi sebagai seorang sopir truk

Motivasi yang membuat pria berusia 67 tahun ini rajin mendonorkan darahnya ialah kepedulian akan sesama. Terutama kepada masyarakat yang benar-benar tidak mampu dan membutuhkan darah yang sehat.

Wali Kota Malang Sutiaji dalam sambutannya menyampaikan apresiasi besar bagi  pendonor darah ini. Baginya para pendonor darah adalah pahlawan, yang memang layak untuk diberikan sebuah penghargaan.

"Mereka ini sudah mengabdikan diri melalui donor darah. Maka saya ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya. Kedepan tetap akan kita kuatkan kualitas pelayanan transfusi darah, orang yang mau donor dijamin tetap sehat dan darah juga sesuai standar,” tandasnya. (ica/aim/Malangpostonline.com)

Editor : aim
Uploader : irawan
Penulis : ica
Fotografer : ica

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU